My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Manfaat-manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Memakai Colocation Server


Ketika membicarakan bisnis dunia Teknologi Informasi atau IT, seperti tidak ada batasnya karena selalu muncul hal-hal baru yang tanpa kita sadari. Sama dengan halnya dunia web dan pemograman. Suatu sistem bisa dikendalikan dengan aman kalau kita memakai penyedia layanan yang berkualitas pula.

Tidak sedikit perusahaan atau startup yang memakai colocation server sebagai penengah sistem web dengan data center-nya. Server-server akan tersimpan di dalam data center lalu secara otomatis bandwidth akan terhubung yang fungsinya sebagai komunikasi data. 

Buat kamu yang menjalani usaha dalam bidang IT atau bisnis apapun yang membutuhkan banyak data, lebih disarankan menggunakan layanan colocation server daripada membuatnya sendiri. Agar lebih jelasnya, bisa kamu baca di bawah ini. 

1. Membantu Mengurangi Budget Ekstra

Membangun data center dan colocation sendiri sebenarnya tidak apa-apa kalau memang kamu bisa memahaminya dan mengaturnya sendiri. Tapi, hal yang harus kamu perhatikan adalah soal budget yang nanti akan dikeluarkan untuk membangunnya sendiri. 



Membantu kedua sistem jaringan tersebut tidaklah gampang dan harus mengeluarkan modal lebih karena membutuhkan banyak perangkat agar bisa berjalan dengan maksimal. Kalau pun mau membuatnya sendiri, kamu harus membutuhkan perangkat-perangkat seperti pendingin ruangan dan sistem, alat pencegah dan keamanan kebakaran, serta genset.

Tanpa adanya ketiga peralatan listrik itu, data center kamu pasti akan terus mengalami kendala apalagi listrik yang kadang-kadang padam secara tiba-tiba. Daripada kamu mengeluarkan budget ekstra, sebaiknya pakai layanan colocation server untuk menghemat biaya.

Kamu bisa menitipkan server kamu ke data center mereka dan mereka yang akan mengatur segalanya. Dengan begitu, sistem kamu bisa tetap berjalan selama 24 jam dan kamu akan lebih tenang.

2. Efisien

Kamu yang membangun data center sendiri kadang-kadang akan kesusahan mengatur waktu dan susah mengerjakan yang lain, apalagi kamu tidak punya banyak staff untuk melakukannya. Maka itu, lebih baik manfaatkan layanan colocation server agar mereka saja yang mengatur data center kamu.


Kamu sudah tidak usah pusing-pusing lagi dalam hal maintenance-nya karena mereka yang mengaturnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam pekerjaan lainnya dan pasti akan lebih menghemat waktu.

3. Memberikan Jaminan Keamanan

Sebelum membuat data center sendiri, tentu kamu harus mempertimbangkan secara matang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukannya. Salah satu yang harus kamu punya dalam membuat data center adalah keamanannya. Keamanan adalah hal wajib yang perlu kamu perhatikan. 


Tidak ada jaminan keamanan tentu membuat data center milikmu bisa dibobol orang lain. Tugas dari colocation server adalah membantu meningkatkan keamanan agar tidak gampang diserang oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Percayakan saya semua keamanannya pada mereka. Ketika terjadi bencana alam pun pasti mereka juga akan menstabilkan data center kamu, sehingga sistem yang kamu punya bisa tetap berfungsi. 

4. Memberikan Sistem Upgrade Secara cuma-cuma

Ketika memanfaatkan layanan colocation server, kamu tidak usah lagi memikirkan sistem upgrade-nya lagi. Mereka akan memberikannya secara cuma-cuma karena sudah termasuk harga pertama yang kamu bayarkan. Dengan begitu, kamu tidak usah lagi memikirkan cara upgrade sistemnya, apalagi buat kamu yang belum tahu caranya. 


Dengan mendapatkan keempat manfaat itu, tidak usah khawatir lagi memakai jasa colocation server. Layanan yang bisa kamu pakai adalah dari Nex Data Center dengan websitenya nexdatacenter.com. Kamu tidak usah lagi ragu dengan pelayanannya mereka karena mereka sudah menjadi layanan terpercaya masyarakat Indonesia selama lebih dari 10 tahun.

Dengan pengalaman yang sudah mereka punya, tentu kamu tidak akan kecewa. Beberapa perusahaan terkenal juga sudah menggunakannya karena memang memberikan hasil yang memuaskan. Mereka bisa menjadi solusi bisnis kamu yang mau berkembang di tengah-tengah majunya dunia tekhnologi.







Sumber gambar: pexels

No comments:

Post a Comment