My Lifestyle, My Journey, My Happiness

4 Waktu Promo Belanja Online yang Ditunggu


Di zaman kiwari seperti sekarang ini, hampir setiap orang punya ponsel pintar dalam genggaman. Berselancar di dunia maya tak perlu lagi harus membuka laptop dahulu. Tinggal klik-klik, informasi pun berhamburan, Begitu juga dengan urusan belanja yang bisa dilakukan secara online sejak menjamurnya online shop dan marketplace.

Saya yang bukan maniak belanja online saja punya satu aplikasi belanja online kesayangan. Apalagi mereka yang hobi belanja online; pasang deh semua aplikasi belanja. Hampir setiap hari saya pantengin; ingin tahu barang apa saja yang sedang hits. Kalau cocok dan saya sedang butuh, cuzz... 


Sumber: pinterest
So, harus diakui bahwa berbelanja online begitu diminati. Kita tak harus keluar rumah lalu berpanas-panas ria dan mengantre di kasir. Cukup mainkan jari kita, selesaikan transaksi, dan barang pesanan pun datang sendiri. Ya, mudah. Selain itu, biasanya orang tergiur berbelanja online karena banyak tawaran cash back dan promo.

Nah, ada 4 waktu dimana promo belanja online begitu ditunggu yaitu:

1. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)

Setiap tahunnya, puncak Harbolnas terjadi pada tanggal 12 Desember atau disebut 12-12. Sungguh itu adalah tanggal cantik yang paling ditunggu para pejuang belanja online. Sebelumnya memang ada 'pemanasan' Harbolnas pada bulan-bulan sebelumnya, tapi pada puncak Harbolnas-lah marketplace berlomba-lomba menawarkan banyak diskon gila-gilaan dan cashback besar. 


Sumber: Bukalapak(dot)com

2. Berbelanja di Tengah Malam

Namanya juga belanja online, jadi kita bisa jadi pembeli kapan saja. Khususnya pada saat Harbolnas dan pesta diskon, berbelanja tengah malam akan sangat menguntungkan kita sebagai pembeli karena banyak promo. Syaratnya pasti, dong: harus kuat melek.

3. Momen Natal dan Tahun Baru

Pasca Harbolnas, keseruan promo belanja online terus berlanjut karena ada momen hari raya natal dan tahun baru setelahnya. Marketplace menggelar cuci gudang di akhir tahun seperti itu sehingga barang diskonan pun melimpah ruah. Cashback pun tak ketinggalan banyak diberikan.

4. Ramadan dan Lebaran

Program religi lebih banyak ditayangkan oleh stasiun televisi pada saat bulan Ramadan seperti ini. Tak ketinggalan, iklan promo belanja online saat Ramadan pun gencar ditayangkan. Duh, benar-benar menggoda iman. 

Pihak marketplace tentu saja jeli melihat peluang. Ramadan dan lebaran adalah saat umumnya manusia lebih royal berbelanja. Baik kebutuhan pangan ataupun sandang, etalase para marketplace dan online shop siap melayani keinginan kita.

Sumber: shopee(dot)co(dot)id

Seperti prinsip belanja konvensional, kita harus tetap memegang prinsip "kendalikan diri". Biasanya, melihat barang-barang bagus saja kita akan tergoda apalagi jika ditambah promo-promo menarik. Bisa-bisa kantong atau rekening kita jebol jika tidak waspada.

So, tetap perhatikan hal-hal berikut ini sebelum terjun berbelanja pada 4 waktu emas seperti di atas:

▪Tak ada salahnya kita menyisihkan ubah jauh-jauh hari sebelum masa-masa promo di atas datang. Menabung sebelum 'berjuang' ;)
▪Jangan salah pilih marketplace atau online shop. Berbelanja lah hanya pada yang kredibel dan tanpa masalah. 
▪Catat barang-barang yang ingin kita beli. Walaupun sekadar catatan kecil, ini penting sebagai 'alarm'. 
▪Selalu cek harga asli barang sebelum membeli barang diskonan. Jika kita tahu harga rata-rata barang itu di tempat lain, akan lebih baik. Tetap, dong: teliti sebelum membeli. 
▪Manfaatkan promo flash sale/flash deal yang biasanya menghadirkan harga barang sangat miring. Butuh kecepatan jari untuk ini. Tetap ya: jagalah hati!

Sumber: pinterest

Alhamdulillah, beberapa kebutuhan Ramadan dan lebaran sudah di tangan saya setelah berbelanja online. Memang menyenangkan sih setiap kali barang pesanan kita datang. Bagaimana dengan teman-teman? Pastinya tidak ketinggalan dengan berbagai promo belanja online pada Ramadan kali ini, bukan? 



Salam, 
Tatiek Purwanti


#bpnchallenge2019 
#bpnramadhanchallenge 
#BPNetwork 
#bpnblogpostchallenge 
#bpn30dayblogpost 
#bpn30dayblogpostchallenge

#Day6

No comments:

Post a Comment