My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Salad Apel dan Nanas Saus Selai Skippy


"Barangsiapa yang memberi makanan ifthar kepada orang yang berpuasa, ia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa berkurang sedikit pun."
(HR. Tirmidzi)

Betapa Ramadan itu adalah bulan saat limpahan pahala mengalir deras bagi siapa saja yang mau menyambutnya. Bahkan para penghidang makanan untuk berbuka puasa saja mendapat keistimewaan seperti hadits di atas.

Seharusnya hadits di atas membuat para emak menjadi lebih bersemangat untuk menghidangkan santapan berbuka. Saya sendiri berusaha untuk meraih pahala itu semampu saya. Ya, saya lebih suka menghidangkan menu yang praktis tapi cukup gizi.

Saya acungkan jempol untuk para emak yang bisa menghidangkan menu beragam yang 'berat-berat' via memasak sendiri. Baarakallahu fiikum. Saya sih cukup masak beraneka tumisan, sambal plus lalapan, atau sayur sop. Simpel, kan?

Saya sendiri merasa harus membagi waktu untuk mengerjakan 3 tugas paling penting; mendampingi anak bermain, membaca Alquran, dan menulis setiap hari. Rasanya saya memang harus membatasi diri untuk tidak berlama-lama di dapur pada saat Ramadan seperti ini.

Alhamdulillah, suami saya termasuk tipe yang tidak rewel untuk urusan hidangan berbuka puasa. Asal ada air putih dan kurma, itu cukup. Bahkan beliau kurang suka jika saya menghidangkan kolak, seperti yang pernah saya tuliskan pada postingan sebelumnya.

Anak-anak saya pun begitu. Selain air putih, mereka suka menyantap buah, puding, susu, yogurt, es krim, dan roti oles selai. Benar-benar memudahkan emaknya, hehe. Jika ingin membuat menu lain, saya cukup membuat variasi dari 'bahan dasar' yang mereka sukai seperti di atas.

pixabay

Resep yang akan saya bagikan berikut ini adalah variasi dari buah-buahan yang disukai anak-anak saya. Si Kakak suka nanas, sementara Si Adek suka apel. So, inilah Salad Apel dan Nanas Saus Selai Skippy. Kalau kepanjangan, bisa disingkat menjadi Salad Apel dan Nanas S3, hehe...

Berkenalan dengan Skippy Peanut Butter, Yuk!

Sebelum saya tuliskan resepnya, yuk berkenalan dulu dengan Skippy Peanut Butter alias Selai Kacang Skippy. Ada yang belum tahu? Atau justru sudah ngefans Skippy sejak dulu?


Nah, Skippy ini adalah brand selai kacang terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia. Varian teksturnya terbagi dua. Yang pertama adalah Skippy Chunky (bertekstur kasar). Skippy Chunky ini mengandung banyak potongan kacang asli sehingga ada kriuk-kriuknya. Saya belum pernah nyobain yang ini, sih. 

Varian yang satunya lagi adalah Skippy Creamy, yang menjadi pilihan saya selama ini. Skippy Creamy ini cocok untuk mengoles roti tawar karena teksturnya berbentuk pasta halus yang lembut. Tidak terlalu kental tapi rasa kacangnya terasa banget. Setiap kali roti tawar diolesi ini, langsung laris manis.

Lengkapnya, varian rasa selai kacang Skippy adalah sebagai berikut:
1. Skippy Peanut Butter Creamy
2. Skippy Peanut Butter Chunky
3. Skippy Chocolate Peanut Butter
4. Skippy Grape Peanut Butter
5. Skippy Strawberry Peanut Butter

Menggiurkan semua. Sudah Halal MUI pula. Sip. Pasti anak-anak saya tidak akan menolak jika rotinya diolesi beraneka varian rasa seperti di atas. Insya Allah, segera saya cobain semua varian di atas. 

Skippy Peanut Butter Baik untuk Kesehatan

Selai kacang seperti Skippy Peanut Butter ini berbahan dasar kacang tanah kering yang dipanggang, ditumbuk halus sehingga menjadi pucat, lalu diperas. Bukan berasal dari kacang goreng lho, ya. Jadi Skippy Peanut Butter ini adalah sumber protein nabati yang baik. 

FYI, lemak nabati yang terkandung dalam kacang tanah adalah lemak nabati baik seperti yang terdapat pada minyak zaitun dan alpukat. Ada kandungan asam lemak tak jenuh yang banyak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam α-linolenat  yang sangat berguna untuk kesehatan kita.

Varian Skippy Peanut Butter Creamy yang saya pegang di bawah ini mengandung 85% kacang tanah ditambah bahan lain seperti: gula, minyak kacang, minyak nabati terhidrogenasi, dan garam. Pantesan rasa kacangnya terasa sekali. Perpaduan manis dan asinnya juga pas menurut saya. Kebetulan saya sedang berusaha membatasi asupan gula.


Secara lengkap, kandungan gizi dan manfaat Skippy Peanut Butter bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:




Segarnya Salad Apel dan Nanas Saus Selai Skippy

Buah-buahan termasuk golongan makanan wajib santap di meja makan kami saat berbuka puasa. Rasa segar dan manisnya pas untuk menyuplai kembali tubuh yang seharian 'kekeringan' menjadi dilimpahi kandungan gula alami, serat, vitamin, dan mineral.



Saya mencoba memadukan manis-segarnya apel dan nanas dengan Skippy Peanut Butter Creamy. Mudah dan praktis, seperti prinsip mengolah makanan saya di atas. Simak, yuk!

Bahan:

2 buah apel Red Delicious
1 piring kecil nanas
1 sdm munjung Skippy Peanut Butter Creamy
5 sdm air panas
2 buah cabe rawit (boleh ditambah jika suka pedas)
1 butir bawang merah
2 sdm air perasan jeruk nipis
1/2 sdt garam




Cara membuat:

1. Larutkan Skippy Peanut Butter Creamy dengan 5 sdm air panas. Tambahkan garam. Aduk rata.


2. Iris tipis cabe rawit dan bawang merah. Masukkan ke dalam campuran Skippy. Tambahkan air perasan jeruk nipis. Aduk rata kembali.


3. Iris tipis apel dan nanas. Tata di piring lalu siram dengan saus Selai Skippy yang sudah jadi tadi. Hidangkan segera.

 

Tuh, praktis banget, kan? Rasanya segar, manis, berpadu dengan rasa gurih dan pedas yang pas. Selesai menyantapnya, tubuh lebih berstamina rasanya. Tidak terlalu kenyang, tapi lapar sudah hilang.

 

Apel dan nanasnya bisa juga diganti dengan buah lain seperti mangga, pepaya mengkal, kedondong, atau bengkoang. Mirip-mirip rujak buah, gitu.

So, selamat menyiapkan menu berbuka puasa, teman-teman. Stay healthy by consuming Skippy!


Salam,







*Diadaptasi dari resep salad mangga saus selai kacang di laman justtryandtaste(dot)com

#bpnchallenge2019 
#bpnramadhanchallenge 
#BPNetwork 
#bpnblogpostchallenge 
#bpn30dayblogpost 
#bpn30dayblogpostchallenge
#Day3
#30harikebaikanbpnxskippy





11 comments:

  1. Boleh juga, nih resepnya. Bisa dicoba saat buka puasa nanti. Btw, saya melihatnya seperti rujak buah saus skippy.

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget, informasinya lengkap�� kegunaan apel dan nanaspun Ada, dua buah yang aku sukai... Pakai selai skippy pasti makin nyummy...

    ReplyDelete
  3. Wow, kayanya enakkk. Liurku sampe keluar lho bayangin nanas, apel, dicampur yummynya skippy...

    ReplyDelete

  4. Kebayang tuh manisnya nanas dipadu dengan apel terus ada rasa asam-asam segar gitu lalu diramu dengan gurihnya selai skippy.

    wuis langsung ngiler bahaha...

    ReplyDelete
  5. yaa ampun kubuka ini pas pagi..
    Jadi mupeng bener sama salad apel nanas saus selai skippy
    Mantuuul ini. Cari apel dulu, mo bikin juga kalu nemu

    ReplyDelete
  6. Bisa nih buat buka puasa. Aku dan suami buka puasanya buah potong. Biasanya dikasih saus yogurt. Mau coba deh saus kacang, skip cabe rawitnya kayaknya. Takut sakit perut deh, kaget...Hehe

    ReplyDelete
  7. Keren nih resepnya praktis bmget ya mbak, pengen nyoba ah. Apalagi ada cabenya jadi makin seru kan, solnya sya dan suami penyuka pedas

    ReplyDelete
  8. Resepnya praktis tapi kebayang nih enaknya, buka puasa pake buah pake selai Skippy. Selama ini paling mentok kasih yoghurt, mayonaise atau keju kalau makan buah apel.
    Thank you mbak share resepnya |

    ReplyDelete
  9. Resepnya antimainstream tapi kayaknya sueger dan yummy ni mba. Kapan-kapan bisa dicoba deh di rumah... makasih ya idenya!

    ReplyDelete
  10. Oke banget mbak, kreatif dalam mengolah hidangan

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen bikin salad apel dan nanasnya. Keliatannya segar dan cara membuatnya pun praktis ya ...

    ReplyDelete