My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Tata Rias Wajah Tampak Alami, Khas untuk Hari Raya Idul Fitri


Hari Raya Idul Fitri akan datang sebentar lagi. Sebuah momen istimewa yang mengisyaratkan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Ada pengharapan kepada Allah Swt agar amal ibadah selama Ramadan diterima. Doa yang sama biasanya kita lantunkan kepada sesama umat Islam saat berjumpa dan bersilaturahmi.

Momen silaturahmi saat lebaran menjadi agenda rutin setiap keluarga muslim di Indonesia, termasuk keluarga saya. Biasanya saya sekeluarga mudik ke Solo sejak hari pertama lebaran. Hawa Solo Raya yang jauh berbeda dengan Malang membuat saya lebih cepat berkeringat. Tata rias wajah pun ikut berubah. Hufftt...

Saya bukan termasuk perempuan yang suka bertata rias berat. Tapi mempertahankan agar tata rias natural saya tetap tahan lama adalah sebuah keharusan. Ini dia caranya:

1. Membersihkan Kulit Wajah

Sebelum berangkat ke agenda silaturahmi, saya membersihkan wajah dengan milk cleanser agar wajah bersih tuntas. Dilanjutkan dengan face toner untuk meringkas pori-pori dan agar kulit segar. 

Saya pernah membaca bahwa es batu bisa membuat riasan tahan lama dan mengecilkan pori-pori. Caranya: setelah wajah dibersihkan, kompres dengan es batu beberapa menit. Saya pernah melakukannya tapi tidak rutin, sih. 


Selanjutnya adalah meng-eksfoliasi kulit wajah alias membuang sel-sel kulit mati menumpuk yang membuat wajah kusam. Saya memakai eksfoliator yang dibasahi dengan air, lalu dipijatkan dengan lembut ke kulit wajah. Terakhir, bilas wajah dengan air. 

Wajah akan terasa lembut dan halus. Siap untuk menerima treatment selanjutnya. 

2.Mengaplikasikan Pelembab dan Alas Bedak

Pada hari-hari biasa, saya cukup memakai pelembab saja. Saya memilih pelembab dengan kandungan powder cream. Cocok di wajah saya, terasa dingin dan ringan.


Untuk agenda silaturahmi, saya menambahkan alas bedak dengan formula ringan yaitu BB Cream. Ada 'dua lapisan' pada wajah saya tapi tetap terasa ringan dan natural. Senangnyaaa... 

3. Memakai Bedak dan Lipstik

Saya biasanya langsung memakai bedak padat yang formulanya juga ringan dengan pilihan warna natural agar tidak terlalu mencolok. Sedangkan lipstik saya memilih yang matte dengan warna nude.


Saya tidak memakai eye shadow dan blush-on. Tapi setahu saya, pemakaian keduanya seharusnya tetap memberi kesan alami. Misalnya, pemilik wajah putih sebaiknya memakai blush-on dengan warna nude agar terlihat glowing natural.

4. Cukup Asupan Air Putih

Berkeliling ke banyak rumah saudara dan kerabat membutuhkan stamina yang prima. Kulit wajah dan seluruh tubuh seharusnya tetap terhidrasi dengan baik agar kulit tidak kering. Maka setiap kali mampir bersilaturahmi, air mineral adalah suguhan yang pertama kali saya ambil. 


Oia, saya juga tidak takut membasuh wajah dengan air saat di perjalanan. Sekali lagi, hawanya panas, euy! Lebih tepatnya, pasti saya sekeluarga melaksanakan salat di perjalanan. Tata rias pastinya terhapus tapi biasanya tetap ada jejaknya karena 'kekuatan' si alas bedak. 

Saya tinggal memakai ulang bedak padat yang selalu saya bawa di dalam tas. Wajah kembali cerah seperti semula, deh.

Jadi, pada momen istimewa seperti Hari Raya Idul Fitri memang tidak seharusnya bertata rias berat. Yang alami itu lebih ringan dan cocok untuk agenda keliling dalam rangka silaturahmi.

Itu menurut pendapat saya. Bagaimana dengan teman-teman sekalian? 


Salam, 
Tatiek Purwanti

#bpnchallenge2019 
#bpnramadhanchallenge 
#BPNetwork 
#bpnblogpostchallenge 
#bpn30dayblogpost 
#bpn30dayblogpostchallenge
#Day22

No comments:

Post a Comment