My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Berbincang tentang 5 Hal Menarik dari Indonesia


Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa
...

Sebagai orang yang lahir dan besar di Indonesia, saya berusaha mencintai dan menghargai apa-apa yang dimiliki negeri ini. Jika dihitung-hitung, terlalu banyak karunia indah dari Allah Swt yang harus kita syukuri.

Indonesia sebenarnya cukup sempurna dan kaya. Apa yang kemudian menjadi kekurangan dari Indonesia, sebenarnya adalah kekhilafan kita sebagai pengelolanya. Bukan salah Indonesia, tetapi salah orang-orangnya.

Jangan baper ya, teman-teman. Saya sih merasa begitu dan lebih baik menyalahkan diri sendiri dulu atas kekurangan negeri ini. Misalnya saat saya lebih suka minum memakai sedotan plastik daripada minum langsung dari gelas. Atau saat saya dulu lebih memilih minyak kelapa sawit daripada minyak goreng kelapa. Juga saat saya dulu membiarkan rekan kerja memanipulasi jam mengajar demi mendapatkan tunjangan sertifikasi. Duh! 

Blame it on myself... Tentu saja tidak boleh berlarut-larut dan harus bersemangat lagi memperbaiki diri. Mulai dari diri sendiri, hal terkecil, mulai saat ini juga. Yeay!

Nah, sambil terus bergerak dan melakukan hal-hal sederhana untuk Indonesia, ada baiknya saya sedikit mengulas 5 hal menarik tentang Indonesia. Ini dia:

1. Negara dengan Banyak Gunung Berapi Aktif

Indonesia termasuk dalam 5 negara yang memiliki gunung berapi aktif. 4 yang lainnya adalah Amerika, Jepang, Rusia, dan Chili. Ada sekitar 139 gunung berapi aktif di negeri ini yang berarti kita harus waspada dengan bencana gunung meletus yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Ada berkah di balik musibah. Itu pasti. Walaupun mengalami bencana gunung meletus itu tidak menyenangkan, namun ada manfaat yang bisa diambil setelahnya. Tak lain, abu vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi ini ternyata dapat menyuburkan lahan pertanian.

By the way, letusan gunung berapi di Indonesia pernah dicatat sebagai letusan yang paling dahsyat sepanjang sejarah. Itu terjadi saat Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat meletus pada bulan April tahun 1815.

Saking dahsyatnya, letusan Gunung Tambora terdengar sampai ke Sumatera! Letusan tersebut juga menyebabkan perubahan iklim dunia sehingga banyak panen yang gagal di belahan bumi bagian utara. Akibatnya, setelahnya terjadi kelaparan terburuk sepanjang abad ke-19.

2. Negara dengan Hutan Tropis Terluas di Dunia

Indonesia juga termasuk dalam 4 besar negara yang memiliki hutan tropis terluas di dunia. 3 hutan tropis yang lain adalah Hutan Amazon di Brazil, Hutan Congo Bazin di Republik Demokratik Kongo, dan hutan tropis di Kamerun.

Nah, hutan tropis terluas negeri ini terletak di Papua. Di sana terdapat banyak flora dan fauna yang beranekaragam dan amat mengagumkan. Bahkan para Ilmuwan menyebutkan bahwa separuh spesies flora dan fauna dunia itu hidupnya di hutan tropis Papua.

Adapun luas hutan tropis di Papua mencapai 28.816 kilometer persegi. Hutan tropis ini sangat penting karena menyediakan 40% cadangan oksigen untuk dunia. Masya Allah!

3. Negara dengan Spesies Ikan Hiu Terbanyak di Dunia

Ada sekitar 120 jenis ikan hiu yang terdapat di perairan Indonesia. Misalnya, Wild Shark, si Hiu Paus (Rhyncodon typus) yang merupakan Ikan Hiu terbesar di dunia itu ada di sini. Sudah hiu, paus pula. Hehe... Pantesan panjangnya mencapai 65 meter.

Sumber: thinkstocks

Jenis hiu terkenal lain yang sedang dijaga kelestariannya adalah:
a. Hiu Martil (Sphyrna leweni)
b. Hiu Martil (Sphyrna zygaena)
c. Hiu Martil (Sphyrna mokarran)
d. Hiu Koboi (Carcharhinus longimanus)
e. Hiu Gergaji (Pristis microdon)
f. Hiu Monyet/Cucut Pedang (Alopias pelagicus)
g. Hiu Lancur/Hiu Lutung/Hiu Tikus (Alopias superciliosus)
h. Common Thresher (Alopias vulpinus)

4. Negara Pemilik Ombak Tertinggi di Dunia

Kalau kita ditanya tentang pantai dengan ombak yang menakjubkan, apa jawabnya? Pantai Kuta? Pantai Sanur?

Kalau saya sendiri yang ditanya, saya akan jawab: Pantai Nganteb di Malang Selatan. Mempromosikan daerah sendiri, dong. Hehe... 

Ya, ya. Beberapa pantai di Indonesia memang memiliki ombak dahsyat dan tinggi yang cocok untuk berselancar. Diantara pantai-pantai itu, ada sebuah pantai bernama Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Pantai Plengkung memiliki ombak yang tingginya mencapai 4-6 meter dengan panjang mencapai 2 kilometer. Benar-benar surga untuk para peselancar. Inilah yang menjadikan ombak di Pantai Plengkung sebagai salah satu ombak terindah di dunia. Keren!

Aih, jadi pingin ke Pantai Plengkung. Bukan berselancar, sih. Cukup memotret ombaknya saja, hehe... 

5. Negara Pemilik Makanan Terenak di Dunia

Sedikit melenceng dari 4 poin di atas yang merupakan anugerah alam. Poin kelima ini berasal dari cipta karya anak bangsa di bidang kuliner. Adalah rendang, nasi goreng, dan sate yang masuk ke dalam golongan 50 makanan paling enak di dunia. Yummy...

Khususnya Rendang yang merupakan makanan khas Padang, ia menempati urutan ke-11 makanan paling enak sedunia berdasarkan rilis dari stasiun berita CNN. Rendang bahkan bisa mengalahkan Kebab dari Turki dan Lasagna dari Italia.

Yeay! Rendang is always in my heart. Sejak dulu saya memang penyuka Rendang. Apalagi sekarang saat saya mulai menjadi pelaku Ketofastosis Lifestyle, pemakan lemak 🤤 Jadi out of the topic, deh. Hehe... 

Nah, kelima hal di atas kiranya bisa kita jadikan alasan untuk bersyukur bahwa kita adalah orang Indonesia. Baru seujung kuku hitam, sih. Karena masih banyak hal positif lain yang bisa kita gali dari negeri ini.

Yang negatif-negatif juga banyak. Itu menjadi PR kita bersama. Walaupun tidak mudah, InsyaAllah kita bisa! Harus berpikiran positif dulu untuk mengubah hal-hal yang negatif. Setuju? 

Aku tresno Indonesia. Kowe? 


Salam, 










#ODOPDay14

No comments:

Post a Comment