My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Mudah Didapat, 5 Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh Ini Patut Dicoba


Tidak hanya ada terdapat di tubuh orang dewasa saja, bahwasanya kandungan kolesterol ternyata ada di dalam tubuh setiap manusia. Namun, kandungan kolesterol yang ada di tubuh manusia memiliki dua jenis. Dimana diantara jenis kolesterol tersebut, ada yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga, jika Anda salah makan, dan kandungan kolesterol menjadi tinggi, maka sangat disarankan untuk menurunkannya. Tidak sulit, Anda hanya cukup mengonsumsi makanan penurun kolesterol paling ampuh yang biasa direkomendasikan dokter.

Pasalnya, batas normal kolesterol dalam tubuh biasanya ada pada angka 160-200 mg saja, sehingga jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda melebihi angka tersebut, artinya Anda harus waspada. Karena, memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit dan juga menyumbat aliran darah. 

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda yang sering mengalami kolesterol tinggi, untuk rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol paling ampuh. Namun, ternyata kolesterol tidak hanya menyerang orang tua saja, bahkan anak-anak pun bisa terserang, jika tidak memperhatikan pola makan dan jenis makanan.

Pasalnya makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi, akan memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh Anda, seperti makan gorengan, daging kambing, susu, dan makanan yang mengandung lemak tinggi lainnya. 

Nah, daripada khawatir memikirkan penyakit yang akan ditimbulkan dari kolesterol, lebih baik Anda simak ragam makanan penurun kolesterol paling ampuh sekaligus yang mudah didapat berikut ini:

1. Jeruk nipis

Makanan penurun kolesterol paling ampuh yang pertama adalah jeruk nipis. Kaya dengan kandungan flavonoid, jeruk nipis disebut bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, dimana flavonid yang ada dalam jeruk nipis ini sangat berperan aktif sebagai anti-oksidan. 


Nah, bagi Anda yang merasa kadar kolesterol di tubuh Anda tinggi, Anda bisa rutin mengonsumsi perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi hari setelah bangun tidur. 

2. Biji-bijian utuh

Makanan penurun kolesterol paling ampuh selanjutnya ada biji-bijian utuh, dimana biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh, agar bisa berkembang dengan baik. Sehingga bisa mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh tersebut diantaranya adalah seperti kacang almond, kuaci, mete dan lain-lain. 


Tidak hanya itu, biji-bijian utuh juga menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng tembang, mangan, selenium, dan vitamin B. Sehingga, biji-bijian utuh sangat dibutuhkan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi paling ampuh. 

3. Brokoli

Tidak hanya buah jeruk nipis dan biji-bijian, sayuran brokoli juga disebut sebagai makanan penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, brokoli mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. 


Selain itu, brokoli juga membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Anda bisa mengonsumsi brokoli dengan cara direbus atau dikukus. Disarankan juga jangan memasak brokoli menggunakan minyak dan bahan yang mengandung lemak lainnya. 

4. Cokelat hitam

Jika makanan penurun kolesterol paling ampuh di atas mungkin rasanya kurang nikmat, namun berbeda dengan cokelat hitam ini. Cokelat hitam juga disebut ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi sekaligus menikmati rasanya yang enak.


Alasan lain mengapa cokelat hitam bisa menurunkan kolesterol adalah, karena adanya kandungan theobromine, yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

5. Salmon

Meski tidak disarankan makan daging, namun tidak untuk daging ikan salmon ini. Karena salmon dipercaya sebagai makanan penurun kolesterol paling ampuh. Memiliki kandungan minya Omega-3 membuat salmon bermanfaat untuk kesehatan, karena mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. 


Nah, itu dia beberapa makanan penurun kolesterol paling ampuh, yang sering dijadikan bahan rekomendasi. Tidak hanya ada 5, ternyata beberapa makanan yang sering dianggap remeh ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol loh. Penasaran? Untuk informasi lengkapnya bisa Anda baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/


Salam sehat,






Sumber gambar: pixabay

13 comments:

  1. Thanks infonya... tapi juga harus dibantu dengan olah raga mbak... yang gampang jalan kaki aja 30 menit tiap hari

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata banyak juga makanan penurun koleterol ya. Dan hampir semua mudah ditemukan di pasaran. Bisa terbantu nih penderitanya mengonsumsi ini.

    ReplyDelete
  3. Coklat hitam, noted! Kalau milk chocolate seperti yg banyak beredar di pasaran, sudah beda lagi khasiatnya ya. Hihi ....

    ReplyDelete
  4. Labu siam kalau enggak salah juga bisa menurunkan kolesterol. Alpukat juga. Kalau labu siam memang sudah kubuktikan. Pernah itu kolesterol agak naik. Aku gempur aja pakek jus labu siam. ALhamdulillah, badan enteng kolesterol turun.

    ReplyDelete
  5. Dari 5 daftar itu, aku engga cocok salmon uy. Engga tahan amis. Hehe...Yg lain doyan banget, apalagi dark chocolate. Siiip...
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  6. Pertama yuni nggak suka brokoli. Ya Allah, rasanya tuh ... Pokoknya yuni nggak doyan.

    Kalau yang lain masih okelah. Apalagi jeruk nipis dan air hangat. Kecut-kecut gimana gitu

    Hehehe

    ReplyDelete
  7. Ternyata enak-enak juga,ya, makanan untuk penurun kolesterol.

    ReplyDelete
  8. Mungkin ini sebabnya jeruk nipis selalu tersedia di banyak makanan Indonesia, penyeimbang kolesterol

    ReplyDelete
  9. aku tiap pagi konsumsi lemon gituu, mBak. sama gak ya kandungannya sama jeruk nipis bisa untuk penurun kolesterol?

    ReplyDelete
  10. Di antara semua itu, aku suka konsumsi jeruk nipis, brokoli, dan cokelat mba. Untuk biji-bijian sama ikan salmon aku kurang suka. Tapi sayangnya aku suka juga gorengan huhuhuhu

    ReplyDelete
  11. Really coklat hitam ?
    Wah baru tauu

    Btw temen ku seumuran sama aku (23) ada yang pernah kena kolesterol. Gara gara tiap hari makan nasi padang.
    aku kasih link blog ini aja deh biar dibaca. Biar bisa membantu mengurangi kolesterolnya hihihi

    ReplyDelete
  12. baru tahu kalau coklat bisa menurunkan kolesterol. suka banget soalnya. borong wes. hehe

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah... deretan nama makanan penurun kolesterol ini saya suka semuanya.

    ReplyDelete