My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Para Pesohor yang Tidak Lagi Makan Nasi



Pada postingan sebelumnya saya menuliskan tentang alasan saya yang tidak selalu sarapan dengan nasi putih. Bisa, dong. Mulai dari kebiasaan sarapan saya yang berubah: menyantap roti, pempek, dan cuanki, sampai dengan menjadi penganut pola makan yang sarapannya adalah buah.

So, di saat itu saya tidak sarapan nasi tapi masih makan nasi pada siang dan malam harinya.

Nah, pada postingan kali ini saya akan meneruskan dengan "yang lebih ekstrim" yaitu tentang keberanian meninggalkan nasi sama sekali. Benar-benar sudah tidak makan nasi!

Eh, ekstrim gak sih yang seperti itu? Atau sebenarnya sudah biasa?

Hmm... Saya tidak memakai persentase, sih. Tapi sebenarnya hal seperti itu lumrah juga, kok. Terbukti pada beberapa orang artis berikut ini yang memutuskan untuk tidak lagi makan nasi, khususnya nasi putih.

Kok artis?

Yaa, sebenarnya saya ingin menyebutkan beberapa orang teman saya yang sudah bertahun-tahun tidak makan nasi. Baik nasi putih, nasi merah, nasi cokelat, nasi hitam, nasi hijau, nasi kuning, hehe... Pokoknya, they stopped eating all kinds of rice!

Tapi kalau saya sebutkan mereka, jangan-jangan  teman-teman yang membaca postingan ini tidak kenal, dong. 😀

So, paling gampang ya ngasih contohnya artis aja, deh. Mereka 'kan termasuk yang paling mudah dikenali. Tuh para artis yang jadi anggota DPR juga banyak jadi sorotan *ups, mulai OOT 😛

Ini dia mereka:

1. Dewi Hughes

Seingat saya, presenter televisi yang satu ini begitu bersinar di sekitar era 90-an akhir. Ciri khasnya dulu adalah bertubuh tambun dan memakai turban. Lantas saya lama tak mendengar kabarnya. Ketika tahu lagi, Dewi Hughes sudah berubah penampilannya: jauh lebih langsing dengan wajah yang menurut saya lebih berseri-seri.


Ternyata oh ternyata, dia mempelopori pola makan "diet kenyang" yang membuatnya bisa kehilangan berat badan hingga 75 kilogram! Ini mah kehilangan yang menyenangkan.

Saya sendiri tidak mengikuti secara detil tentang "diet kenyang" namun, yang saya tahu Dewi Hughes tidak lagi makan nasi. Menurutnya, setiap kali selesai makan nasi, dia justru merasa mengantuk, lemas, dan tak bertenaga. Padahal dia ingin terus bergerak aktif.

2. Syahrini

Pelantun lagu "Cintaku Kandas" yang juga istri dari pengusaha Reino Barack ini sudah lama tidak lagi makan nasi. Menurutnya, ia hanya makan nasi sebanyak 2 atau 3 sendok saja. Itupun bisa dihitung dengan jari dalam setahun, saat dia menghadiri acara khusus seperti hajatan saudara atau saat berkunjung ke rumah ibunya. Selebihnya, dia lebih banyak menyantap lauk pauk dan lalapan khas Sunda.


Menurut Syahrini, tubuhnya gampang sekali menjadi gemuk jika makan nasi. Pun ia memiliki golongan darah yang tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat.

Seperti itu...

3. Luna Maya

Di awal tahun 2019 yang lalu, Luna Maya menyatakan bahwa dia sudah tidak lagi makan nasi. Luna ingin hidup lebih sehat di usianya yang sudah di atas kepala 3 itu. 

Dia awalnya menyantap nasi seperti biasa, menjadi vegetarian, dan rajin berolahraga setiap hari. Namun, berat badannya tak kunjung turun dan massa ototnya malah kurang bagus.


Akhirnya, dia disarankan untuk menyetop karbohidrat yaitu nasi yang biasa dimakannya. Sayur dan buah tetap disantap, ditambah lagi ikan dan daging ayam sebagai sumber protein untuk "bahan bakar" aktivitas nge-gym-nya.

4. Nadine Chandrawinata

Putri Indonesia tahun 2005 ini dikenal memiliki tubuh yang tinggi semampai dan tampak ideal. Rahasianya: Nadine rajin berolahraga dan gemar melakukan aktivitas menantang seperti menyelam dan naik gunung. Pantesan.



Selain itu, untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal, Nadine juga tidak lagi memakan nasi. Bahkan menghindari nasi itu sudah dilakukannya selama 20 tahun belakangan ini. Wuih! 

5. Prilly Latuconsina

Artis cantik yang awalnya terkenal di dunia sinetron ini memilih tidak lagi makan nasi agar berat badannya tetap ideal. Namun, bintang dari film "Danur" ini masih mengkonsumsi sumber karbohidrat lain yaitu roti.




6. Andien

Penyanyi jazz bersuara emas yang sudah memiliki satu orang anak ini dikenal sebagai artis yang sangat menjaga pola makannya dan rajin berolahraga. Ternyata, dia juga sudah tidak lagi menyantap nasi putih selama 8 tahun lamanya. Sebagai gantinya, dia mengkonsumsi ubi jalar, nasi merah, dan kentang.


Hmm... Sepertinya masih ada beberapa artis lagi yang juga sudah tidak lagi mengkonsumsi nasi, khususnya putih. Boleh dicari sendiri, ya. Yang jelas, rata-rata mereka beralasan ingin hidup lebih sehat dengan menghindari kalori tinggi yang terkandung di dalam nasi putih.

Memangnya nasi putih seberbahaya itukah?

Mengutip alodokter, jika kita mengonsumsi nasi putih secara berlebihan memang bisa memicu sejumlah penyakit. Berdasarkan penelitian, masyarakat Asia yang terbiasa menyantap nasi setiap hari lebih berisiko mengalami diabetes dibandingkan dengan masyarakat Eropa yang hanya menyantap nasi kurang dari 5 kali per minggu.

Nah, kita bisa menghitung-hitung sendiri berapa banyak nasi yang kita santap setiap hari. Kalau manut dengan panduan gizi seimbang, nasi atau karbohidrat jenis lain hanya boleh memenuhi ¼ piring makan. Lalu, ¼ lagi diisi dengan protein dan sisanya yang ½ piring lagi dipenuhi dengan sayuran dan buah.

Sanggup? 


Indeks glikemik adalah sebuah skala yang mengukur seberapa cepat suatu makanan yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah

Alhamdulillah, saya sendiri ternyata bisa menjalani kebiasaan baru yaitu sama sekali tidak mengkonsumsi nasi putih dalam dua bulan terakhir ini. Juga sudah bisa no sugar dan tidak lagi menyantap makanan berbahan tepung-tepungan.

Hasilnya? Saya merasakan tubuh jadi lebih enteng, lebih fit, mood jadi bagus, dan energi terasa tak habis-habis. 



Memang ada "resep khususnya" sih. Ceritanya, saya sekarang menjadi penganut Ketofastosis Lifestyle. InsyaAllah akan saya ceritakan pelan-pelan secara santuy dalam beberapa postingan ke depan. 

Jadi, makan nasi atau tidak, nih? It's all up to you. ☺




Salam sehat,







#ODOPDay19
Sumber gambar: instagram

10 comments:

  1. Salut Mbak Tatiek. Moga istiqomah ya..Suamiku malah dah gak makan nasi. Pagi dan siang sedikit ataua makan.pengganti nasi. Pasalnya dia pernah hampir kena serangan jantung jadi dia diet buat nurunin BB dan demi kesehatan.
    Oh ya, tetangga sebelah rumahku sudah 10 tahun ga makan nasi sama sekali. Dia belajar dari Ibunya yang meninggal di usia muda karena diabet dan komplikasi.
    Saya juga punya niatan mengurangi nasi nih. Ngikuti dulu postingan mbak Tatiek ..:)

    ReplyDelete
  2. Mmg bener sih, mengurangi nasi & tepung2an ngaruh banget buat badan. Aku yg biasanya selalu merasa pegel punggung sekarang udah mendingan. Tp aku baru sebatas ngurangin sih, masih sering tergoda😊

    ReplyDelete
  3. dari sekian artis itu bagian prili yang agak ga percaya. menurutku dia paling berisi diantara artis lain hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku dan suami nasinya dari beras merah & hitam. Berhub udh terbiasa, kalau makan nasi putih, rasanya manis. Krn gulanya tinggi yah.
    Baru sebatas itu sih dietnya. Engga diet keto. Paling perbanyak sayur & buah...

    ReplyDelete
  5. Saya paling hanya berusaha mengurangi jumlah asupan nasi akhir akhir ini. Belum sampai skip nasi sama sekali. Juga sedang berusaha memperbanyak sayur dan buah.
    Salut sama keputusan mbak untuk berhenti total makan nasi.

    ReplyDelete
  6. Tadinya saya memulai diet seimbang yaitu makan nasi hanya seperempat piring saja, perbanyak sayur dan buah... Dan PRnya adalah mengajak suami turut serta. Namun, baru jalan beberapa bulan saya hamil, alhamdulillah. Akhirnya balik lagi makan seperti biasa, gak pake diet-dietan... hehe insya Allah nanti setelah melahirkan deh mulai lagi... masih belajar juga nih mengenai pola makan sehat

    ReplyDelete
  7. Yuni niatnya udah lama nggak makan nasi. Tapi selalu surut aja. Niat hanya tinggal niat saja. hehehe

    ReplyDelete
  8. Aq sih mau langsingnya, tetapi berpisah dengan nasi? Tak terpikirkan

    ReplyDelete
  9. Hehe, salut nih buat Mb Tatiek yanh sudah niat dan konsistem berketofastosis.

    Saya dulu pernah mbak, tapi satu waktu badan saya jadi gatal semua. Kata teman sepertinya saya keracunan karbo kalau nggak gula.

    Wahh akhirnya sama pak suami diminta makan yang normal2 saja.
    Ehh malah jadi gemuk abis nih tubuh saya, hehe.

    ReplyDelete
  10. Wah... salut deh Mbak, bisa saya good bye sama nasi. Saya masih pemakan segala rupa. Apalagi kalau menu makannya pake sambel lalap ikan, duh...porsi nasi bisa berlipat. Harus dimulai dikit-dikit nih sepertinya.

    ReplyDelete