My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Destinasi Wisata Palembang yang Selalu Terbayang

Sumber: notepam.com


Duluuu, selepas saya dan suami pulang kampung ke Malang, terjadilah percakapan sebagai berikut:

"Kita menetap di Malang saja ya, Bi," ucap saya.
"Wallahu a'lam. Ya belum tahu, Mi. Ini kita 'kan sedang berusaha menjemput rezeki dari nol lagi," jawab suami saya.

Ya, ya. Saya paham, sih. Saat itu kami sedang serabutan, bekerja apa saja asalkan halal dan sebisa mungkin kami tetap tinggal di Malang. Ada ibunda yang harus ditemani. Tapiii... 

"Sebenarnya, Ummi tidak takut jika harus merantau lagi, sih," sambung saya.
"Iya. Abi juga," sahut suami saya.
"Seandainya nanti harus merantau lagi, kok Ummi pingin ke Palembang, ya."

Suami saya cuma tersenyum. Sedangkan saya berkata dalam hati: biar bisa makan Pempek tiap hari. Hehe... Dasar! Saat itu saya memang seorang Pempek-mania. Gara-gara ketularan teman-teman saat merantau ke Batam.

Ya, beberapa orang teman saya yang berasal dari Palembang ternyata jago membuat Pempek, baik cewek maupun cowok. Mereka menularkan kebiasaan baru: jika sudah sarapan Pempek, tak perlu sarapan nasi lagi. Baiklah...

Entahlah. Sejak saat itu, lambat laun saya jadi penasaran dengan Palembang, tak hanya sekadar Pempeknya saja. Para wong kito galo itu membuat saya ingin mengunjungi daerah mereka. Sampai-sampai, saat suami saya mencoba mengikuti tes CPNS, daerah penugasan yang dipilihnya adalah Palembang! :D

Qadarullah, itu belum menjadi takdir kami. Suami tidak lolos dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang sekarang. It's okay. Alhamdulillah. Namun, mimpi mengunjungi Palembang itu masih tetap saya pelihara sampai sekarang.

Selain mampir ke rumah teman, mengunjungi Palembang berarti juga mengincar destinasi wisatanya. Saya mencoba mencari tahu beberapa diantaranya, yaitu:

1. Jembatan Ampera

Siapa kiranya yang tidak kenal dengan jembatan ini? Inilah jembatan yang menjadi ciri khas Kota Palembang. Jembatan yang dibangun pada tahun 1962 tersebut menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir. Nah, kedua wilayah ini dipisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan yang sekilas mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Francisco ini dulunya mempunyai motor penggerak. Jika ada kapal besar yang melintas di bawahnya, sisi jembatan ini bisa terangkat naik. Namun sejak tahun 1970, fungsi motor penggerak itu dihentikan agar tidak mengganggu perjalanan di atas jembatan.

2. Wisata Sungai Musi

Sungai Musi adalah Sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 kilometer. Wuih! Jelas, sungai ini punya potensi wisata yang harus dikelola.

Maka, di sepanjang Sungai Musi terdapat beraneka kegiatan wisata. Banyak kafe dan restoran yang siap melayani wisata kuliner para wisatawan. Mau mengarungi Sungai Musi? Banyak perahu yang siap membawa kita membelah aliran sungai yang pernah dijadikan lokasi syuting film "Ada Surga di Rumahmu" ini.

3. Benteng Kuto Besak

Nah, mengunjungi benteng atau Museum juga merupakan hal yang saya sukai. Di Palembang ada juga yaitu Benteng Kuto Besak yang merupakan bekas peninggalan Kerajaan Palembang Darussalam. Dahulu, kerajaan ini turut serta mengusir penjajah Belanda dan Benteng Kuto Besak menjadi saksi bisu atas perjuangan mereka.

4. Lima Air Terjun Indah

Sebagai penyuka air terjun, destinasi wisata yang satu ini termasuk dalam list perjalanan saya. Di Palembang ada air terjun sangat terkenal yang bernama Air Terjun Lematang Indah. Seperti namanya, air terjun setinggi 40 meter itu memang indah sekali.

Bergeser ke kawasan Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, ada Air Terjun Bidadari yang tak kalah menarik. Asyiknya, di sekitar Air Terjun Bidadari ada pula 3 air terjun lain yaitu Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing, dan Air Terjun Naga. Benar-benar surga!

Sampai hari ini, semua destinasi wisata di atas terus terbayang-bayang. Ya, karena memang belum punya kesempatan untuk datang langsung ke sana. Membayangkan dan merencanakan dulu, lalu mewujudkan kemudian.

Sebagaimana di daerah lain, saya kira banyak juga sih destinasi wisata lain di Palembang yang sedang hits. Gampang itu, InsyaAllah. Sekarang yang penting adalah menabung dulu. Bukankah begitu?


Salam,






#ODOPDay12

No comments:

Post a Comment