My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, The Campus of Technology


Salah satu momen paling membahagiakan dan ditunggu-tunggu bagi para mahasiswa adalah momen wisuda. Itu adalah saat belajar dan kerja keras mereka menampakkan hasil akhirnya. Lega dan bahagia. Pasti itu yang dirasakan oleh para wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STT Bandung) yang menghadiri momen spesial mereka yaitu Wisuda XIV di awal tahun 2020 ini.

Agenda Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Januari 2020 kemarin. Acara tersebut bertempat di Harris Hotel & Conventions, Jalan Peta No. 241, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Ada sejumlah 209 wisudawan yang menghadiri momen indah mereka tersebut.

Venue acara Wisuda XIV STT Bandung

Nah, para narablog dari Joeragan Artikel (JA) juga mendapatkan undangan khusus untuk hadir meliput agenda wisuda STT Bandung seperti tahun kemarin. Teman-teman narablog JA yang di Bandung tentu saja bisa hadir di sana, sedangkan kami yang di luar Bandung tetap bisa bertugas meliput secara online via siaran langsung di akun instagram @sttbandung. Tak kalah seru, lho!

Kampus Teknologi yang Terus Meningkatkan Prestasi


Tepat pukul 08.00 WIB, acara wisuda pun dibuka. Para wisudawan yang mengenakan toga berpadu warna biru segera memasuki venue megah yang didominasi warna ungu dan keemasan tersebut. Mereka, 209 wisudawan itu terdiri dari:

1. Wisudawan Prodi Teknik Industri sebanyak 113 orang

2. Wisudawan Prodi Teknik Informatika sebanyak 70 orang

3. Wisudawan Prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 26 orang

Setelah pembacaan aturan wisuda selama lebih kurang 5 menit, Senat Perguruan Tinggi, undangan VVIP, Keynote Speaker, dan Pasukan Penari pun memasuki tempat wisuda. Selanjutnya selama sekitar 10 menit, tergelarlah Tarian Selamat Datang yang merupakan persembahan dari Unit Seni Tari STT Bandung. Keren!

Ketua STT Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom, M.T melakukan Pembukaan Rapat Senat Terbuka

Acara dilanjutkan dengan Pembukaan Rapat Senat Terbuka oleh Ketua STT Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. Berlanjut lagi dengan agenda menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta yang diisi oleh Unit Paduan Suara STT Bandung yang diikuti juga oleh segenap hadirin. Ditampilkan pula Mars STT Bandung yang dibawakan dengan cukup apik oleh paduan suara kampus yang berdiri sejak tahun 1991 itu.

Tim paduan suara STT Bandung

Selanjutnya, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. menyampaikan laporannya selaku Ketua STT Bandung. Beliau merasa bangga terhadap keberhasilan 209 wisudawan yang hadir kemarin. Bapak Naseer juga menyampaikan laporan tentang prestasi para dosen STT Bandung yang saat ini berjumlah 170 orang.

Menurut beliau, para dosen STT Bandung yang sudah bergelar S2 dan S3 sudah mencapai 96%. Ini berarti sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ditambah lagi, ada 10 orang dosen tetap yang sedang menempuh pendidikan doktoral serta beberapa dosen yang berhasil menerima hibah penelitian sejumlah ratusan juta rupiah. Great!


Tak heran, setiap tahun selalu ada peningkatan jumlah mahasiswa baru. Untuk tahun 2019 kemarin, jumlah mahasiswa baru mencapai 1500 orang. Dari jumlah tersebut, 75% adalah mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat. Sedangkan sisanya berasal dari luar Jawa Barat, termasuk dari luar negeri.

Dua sambutan berturut-turut lainnya disampaikan oleh Ketua Yayasan LPBIB, Bapak Dr. Dadang Hermawan. Juga sambutan dari perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV.

Wisuda Istimewa Dihadiri Ilham Habibie


Salah satu agenda istimewa yang dinantikan adalah orasi ilmiah yang disampaikan oleh putra sulung Alm. BJ Habibie, Dr. Ing. Ilham Habibie, M.B.A. Beliau yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional (Wantiknas) Republik Indonesia itu memaparkan tentang "Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0".


Masya Allah. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Sebuah kesempatan emas bagi saya nih untuk ikut menyerap ilmu yang disampaikan oleh Chairman PT. Ilthabi Rekatama yang kecerdasan dan wajahnya amat mirip dengan ayahnya tersebut.

Ya, dunia saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain-lain. Hal ini disebut juga dengan dengan fenomena disruptive innovation.

Nah, terkait dengan pola ekonomi digital, Bapak Ilham menyebutkan bahwa ekonomi di masa depan harus mengandalkan inovasi. Keharusan mengandalkan inovasi ini merupakan satu diantara empat hal yang dipersiapkan oleh semua negara dalam menyambut tantangan masa depan.

Lengkapnya, semua negara di dunia ini hendaknya menitikberatkan pada:

1. Berinvestasi ke Human Capital
2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
3. Membina dan mendukung inovasi dan kewirausahaan
4. Meminimalkan kemiskinan

Poin ke-4 akan bisa tercapai jika target pada poin 1, 2, dan 3 tercapai dengan baik.

Ilham Habibie, like father like son

Menurut Bapak Ilham, ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi, dan kewirausahaan sebagai jawaban atas timbulnya lima megatrends yang mengubah dunia. Apa saja megatrends itu?

1. Urbanisasi cepat
2. Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya 
3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
4. Perubahan demografi dan sosial
5. Gebrakan teknologi 

Proses inovasi ini diwujudkan melalui ide yang akhirnya melahirkan produk atau jasa yang baru. Di sinilah inovasi berperan sebagai penghubung antara teknologi dan kewirausahaan. Nah, generasi muda yang biasanya kaya ide adalah para inovator itu!


So, para wisudawan STT Bandung yang berjuluk Campus of Technology ini diharapkan bisa ambil bagian dalam barisan yang aktif di UKM rintisan (Start-Up) yang diberdayakan dengan Teknologi (Informasi & Komunikasi).

Tentunya proses inkubasi perusahaan rintisan itu akan menghadapi berbagai tantangan sehingga memerlukan SDM unggul (terutama di bidang teknologi) dan perlunya kesabaran akan kurang adanya mentor dan pendanaan di fase awal.


Ya, pendidikan berkualitas adalah kunci untuk melahirkan SDM unggul. Sungguh, Indonesia berharap banyak pada SDM unggul yang mengerti dan menguasai rincian dan proses Teknologi - Inovasi - Kewirausahaan. Jadi wahai para wisudawan STT Bandung, inilah saat yang tepat untuk menunjukkan kiprah Anda semua!

Calon-calon SDM Unggul dari STT Bandung


Setelah orasi ilmiah mengesankan dari keynote speaker di atas, tibalah pada acara inti yaitu pelantikan wisudawan yang dilakukan oleh Ketua STT Bandung, Pembantu Ketua I, beserta Ketua Program Studi. Saya bisa membayangkan kelegaan para wisudawan yang maju satu per satu untuk menyandang gelar sarjana mereka secara resmi itu.

Pengumuman Wisudawan Terbaik

Selanjutnya adalah agenda pemberian penghargaan kepada wisudawan dan skripsi terbaik dari masing-masing Program Studi. Mereka adalah:

Prodi Teknik Industri

Wisudawan terbaik diraih oleh Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Skripsi terbaik diraih oleh:

1. Virgiawan Chandra Bakti, S.T
Judul skripsi: Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed dengan Pendekatan Karakuri

2. Indra Rukmana, S.T
Judul skripsi: Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming

3. Zaenal Uyun, S.T
Judul skripsi: Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering

Prodi Teknik Informatika

Wisudawan terbaik diraih oleh Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom

Skripsi terbaik diraih oleh:

1. Deri Hermawan, S.Kom
Judul skripsi: Aplikasi 3D Virtual Reality sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android

2. Regina Sukma Citra, S.Kom
Judul skripsi: Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web

3. Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom
Judul skripsi: Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler

Prodi Desain Komunikasi Visual

Wisudawan terbaik diraih oleh Tiffani Zeta, S.Ds

Skripsi terbaik diraih oleh:

1. Andri Setiawan, S.Ds
Judul skripsi: Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah

2. Bagus Arya Suseno, S.Ds
Judul skripsi: Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung

3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds
Judul skripsi: Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

Selamat dan sukses untuk calon-calon SDM unggul di atas dan segenap wisudawan, ya! Kalian keren!


Setelahnya, dilakukan pula penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara STT Bandung dan para mitra yaitu PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma.

Wisuda Bukan Garis Finish!


Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan yang disampaikan oleh perwakilan wisudawan, dilanjutkan dengan janji wisudawan. Momen mengharukan terjadi kemudian karena pembacaan apresiasi dan puisi untuk orang tua. Ya, keberhasilan para wisudawan pasti tidak terlepas dari kerja keras dan doa orang tua. Tanpa mereka, kita memang bukan siapa-siapa.

Tim paduan suara kampus kembali hadir dengan membawakan lagu Bagimu Negeri dan Syukur. Menunjukkan bahwa kiprah para wisudawan sedang dinanti untuk kemajuan negeri ini. Sungguh, momen wisuda bukanlah garis finish tetapi justru adalah garis start yang harus segera dilewati.

Selanjutnya adalah pembacaan doa, sebagai wujud rasa syukur dan penuh harap kepada Allah Yang Maha Kuasa. Tanpa izin-Nya, keberhasilan itu hanyalah angan-angan semata. Tanpa takdir baik-Nya, senyum dan kelegaan pada momen wisuda tidak akan terwujud nyata.

Penutupan Rapat Senat Terbuka pun dilakukan oleh Ketua STT Bandung, pertanda agenda wisuda sudah menjelang berakhir. Ya, acara hiburan penutup segera menyusul kemudian yang kembali dibawakan oleh tim paduan suara. Dilanjutkan dengan persembahan dari tim kesenian angklung. Bagus sekali!


Sekitar pukul 12.30, Senat Perguruan Tinggi meninggalkan tempat wisuda. Agenda Wisuda XIV STT Bandung pun selesai dengan baik dan lancar sesuai rencana.

Sekali lagi, selamat dan sukses kepada para wisudawan dan panitia penyelenggara!



Salam,
Tatiek Purwanti





Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Jl. Soekarno Hatta No.378 Bandung 40235 
Phone. (+6222) 522 4000 
Fax. (+6222) 520 9272 
Hp. +6281 2222 55 777 
Email: info@sttbandung.ac.id
Instagram: @sttbandung

1 comment: