My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Kentang Goreng Renyah; Bikin Sendiri dan Batasi

Anak saya termasuk yang bisa tahan tidak makan nasi dan kadang malah memilih  memakan subtitusinya, seperti kentang, jagung dan roti. Pada sebagian orang dan anak-anak, jika belum memakan nasi rasanya belum afdhal. Ada untungnya juga lho jika seseorang tidak terlalu bergantung pada nasi. Seperti kondisi sekarang, misalnya. Dimana harga beras naik dan stoknya mulai dikhawatirkan berkurang jauh. Cukup menyantap sumber karbohidrat lain selain nasi dan tidak perlu menunggu ke-afdhal-an jika ingin mengisi perut.

Salah satu makanan favorit anak saya dari jenis di atas adalah kentang goreng renyah alias french fries. Sebenarnya tidak terlalu sering juga, sih. Karena jika keseringan juga tidak baik untuk kesehatan. Berdasarkan info dari bidanku.com, mengkonsumsi french fries terlalu sering, apalagi yang siap saji, akan berdampak buruk bagi kesehatan anak. Di antaranya dapat meningkatkan jumlah lemak jahat sehingga meningkatkan angka kolesterol, ancaman besar penyakit diabetes karena karbohidrat sederhananya yang mudah berubah menjadi gula, serta penyakit jantung dan kanker akibat kandungan lemak trans-nya. Mengerikan sekali, ya. Tapi sekali lagi; jika terlalu sering dan membeli yang cepat saji.

Salah satu solusinya tentu saja membuatnya sendiri di rumah. Walau pun tidak memakai minyak zaitun atau minyak bunga matahari seperti yang disarankan, minimal minyak yang digunakan di rumah masih fresh dan setelah dipakai menggoreng untuk satu resep, sebaiknya dibuang saja.

Berawal dari melihat resepnya di internet, lalu tertarik untuk mencobanya dan alhamdulillah mudah. Berikut step-stepnya:
  • Siapkan 1/2 kg kentang yang sudah dikupas, dipotong panjang-panjang seperti bentuk french fries pada umumnya. Lalu  dicuci di bawah air mengalir sampai airnya jadi bening dan getah kentangnya hilang.Siapkan 3 siung bawang putih, digeprek & dicincang dan 2 sdt garam. Masukkan ke dalam air, rebus di panci sampai mendidih. Lalu masukkan kentangnya, rebus selama 5 menit, angkat, dan tiriskan. Langsung masukkan ke dalam air es sampai kentang terendam. Diamkan selama 5 menit, angkat dan tiriskan lagi.

    Letakkan kentang di nampan, taburi dengan tepung maizena sampai tertutup rata seperti gambar no.1.

    Lalu goreng setengah matang, hasilnya seperti gambar no.2. Diamkan selama 1 jam.

    Setelah itu goreng dalam minyak panas yang banyak sampai garing seperti tampak pada no. 3.

  • Selamat mencoba dan semoga anak-anak kita tetap sehat ^_^
    Kentang goreng renyah alias french fries bikinan sendiri, lebih sehat.
    Kentang goreng renyah alias french fries bikinan sendiri, lebih sehat



No comments:

Post a Comment