My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Daging Sapi Mahal? Bikin Bakso Ayam Aja!

Bakso Ayam ala Ummu Afra
Bakso Ayam ala Ummu Afra. Dengan tambahan tahu putih, goreng, dan goreng gundul ^_^

Awalnya memang saya berniat membuat bakso ayam sih, bukan karena efek daging sapi mahal. Tapi bolehlah ini dijadikan alternatif saat daging sapi mahal seperti sekarang, karena rasanya juga tidak kalah sedap dengan bakso sapi. Pun untuk kuahnya, saya tetap menyertakan tulang sapi, disamping tulang dan kulit ayam.

Btw, kami sekeluarga sebenarnya kurang begitu suka makan daging merah jika hanya dimasak utuh berupa daging. Nah, jika dibikin bakso, baru deh sukaaaa.Tapi seringnya saat  membuat bakso sapi, suka males mengantri di penyelepan daging di pasar tradisional. Agak ragu-ragu gimanaaa gitu :-P

Nah, kalau membuat bakso dari daging ayam, saya tak perlu repot-repot mengantri karena daging ayam kan lebih lembut jadi bisa saya blender sendiri. (Ceritanya belum punya chopper neh, hehe...) Jadi walau pun di resep berikut saya menyebutkan chooper, itu karena resep aslinya yang saya copas dr cookpad menyebutkan begitu. Besok jika sudah punya chopper, tinggal melaksanakan sesuai resep saja ^_^

BAKSO AYAM

600 gram fillet daging ayam

2 btr telur ayam (ambil putihnya)

100 gram tepung sagu

1 sdt merica bubuk

3 siung bawang putih

2 sdm bawang merah goreng

1 sdm garam

1 sdm saus tiram

1 sdm gula pasir

150 ml air es

1 sdt baking powder

1/4 sdt soda kue

1 sdm minyak goreng

2 ltr air untuk merebus

Es Batu secukupnya
Cara pembuatan:



1. Haluskan bawang putih dan garam. Sisihkan.

2. Panaskan air dalam panci untuk merebus, sementara kita siapkan bahan lainnya.

3. Gunakan chopper (bukan blender) utk menghaluskan bahan sbb: fillet ayam, putih telur, bawang merah goreng, bawang putih halus, gula pasir, saus tiram, merica dan air es (masukkan sedikit2). Proses hingga semua bahan menyatu rata dan menjadi adonan yang halus.

4. Tempatkan adonan ayam dalam wadah lalu campurkan sagu sedikit demi sedikit hingga rata. Masukkan baking powder, soda kue. Tambahkan minyak goreng. Aduk rata.

5. Sekarang adonan bakso siap dibentuk. Ambil segenggam adonan lalu lakukan gerakan memencet sehingga adonan keluar diantara jari jempol dan telunjuk. Ambil dengan sendok makan lalu masukkan ke dalam rebusan air.

6. Apabila bakso sudah mengapung, tandanya bakso sudah matang dan bisa diangkat. Boleh tunggu 1-2 menit untuk memastikan bakso matang sampai ke dalam.

7. Bakso yang sudah diangkat dimasukkan ke baskom yang berisi es batu. Diamkan dalam rendaman es beberapa saat, lalu angkat dan tiriskan.

8. Simpan bakso dalam wadah kedap udara. Bakso bisa tahan sampai 2 minggu Apabila disimpan dalam freezer dengan suhu -18 derajat C.

9. Untuk kuahnya, saya memakai campuran tulang ayam dan tulang sapi. Bumbunya adalah bawang putih dan daun bawang yang diiris halus ditumis, dihaluskan, kemudian di masukkan ke dalam kuah. Tambahkan gula pasir secukupnya.

Selamat mencoba ^_^

No comments:

Post a Comment