My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Sebuah Catatan Spesial di Hari Blogger Nasional


You could have a million ideas; they are worthless if you don’t get them done. (Lauren Amarante)

Untuk kedua kalinya, saya menulis tentang Hari Blogger Nasional. Hari ini setahun yang lalu, saya pun menulis tentang hari-nya para blogger se-Indonesia tersebut. Uniknya, saya menulis kedua postingan saat menjalani tantangan ngeblog One Day One Post (ODOP). Ya, saya harus memposting satu artikel per hari di blog ini.

Jika setahun yang lalu saya menerima tantangan dari Blogger Muslimah Indonesia, sekarang saya mencoba ‘berlari’ bersama Estrilook Community. Ini adalah sebuah komunitas penulis di bawah bendera estrilook.com, sebuah website keren yang berisi informasi kekinian seputar perempuan. Owner-nya, Mbak Muyassaroh, yang juga seorang blogger aktif rupanya ingin mengajak anggota komunitasnya merasakan asyiknya ngeblog.


Selain ODOP, Estrilook mengadakan program blogwalking.
(Sumber: FP Estrilook Community)

Nah, saya menyebut One Day One Post ini sebagai tantangan untuk ‘berlari’. Ya, karena blog saya telah penuh oleh sarang laba-laba beberapa bulan sebelumnya, hehe. Salah satu alasannya bisa dibaca pada postingan Ngeblog Terus Pantang Mundur, Ini 10 Alasan Saya

Jadi, saya merasa harus menutup lubang-lubang yang ada dengan gelontoran tulisan yang idenya sudah berjejalan di kepala. Seperti quote di awal tulisan ini, sebanyak apapun ide akan sia-sia jika tidak dieksekusi. So, karena amunisi sudah ada, maka… bismillah… saya terima tantangannya. ^^

Jarak Antara Mimpi dan Realita

Saya menjadikan Hari Blogger Nasional tahun lalu sebagai pemacu semangat untuk menjadi blogger yang lebih baik dan lebih produktif. Sebuah mimpi yang ternyata tidak mudah mewujudkannya hingga tiba perayaan yang sama di tahun ini. Ternyata saya merasa masih segitu-gitu aja, hiks.

Berputus asa? Jangan, dong. Karena saya sudah meniatkan diri untuk berbagi manfaat lewat tulisan di blog ini. Selain itu, ada dua buah mimpi yang secara spesifik saya sebutkan di awal tantangan One Day One Post ini yaitu mendapatkan job blogger dan menghadiri blogger gathering. Keduanya berkaitan erat dengan penghasilan, sebuah tujuan turunan dari aktivitas ngeblog di masa kini. Jujur, saya mau juga, dong.


pixabay

Ya, ya. Setahu saya memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa merasakan keduanya. Produktivitas ngeblog dengan konten yang menarik biasanya menjadi syarat untuk meraihnya. Job blogger berupa content placement atau job review biasanya mempersyaratkan nilai Domain Authority (DA)/ Page Authority (PA) yang tinggi. Hal yang sama biasanya berlaku juga untuk event blogger gathering.

Menyadari bahwa selama ini saya masih belum produktif, membuat saya realistis. Ada jarak yang terbentang antara mimpi dan realita untuk mewujudkannya. Saya harus memiliki stok kesabaran untuk menjalaninya. Lagi-lagi saya menjadikan Hari Blogger Nasional kali ini sebagai pemacu semangat agar lebih giat. Ya, saya rasa ini momen yang tepat.

Tiga Bonus yang Tak Terduga

Ada hal yang tak terduga saat saya sedang asyik menjalani tantangan One Day One Post kali ini. Tiba-tiba saja ada tawaran kerja sama content placement yang masuk ke e-mail saya. Antara senang dan bingung, saya mengkonsultasikan itu pada salah seorang blogger senior yang baik hatinya.


pixabay

Senang, karena saya berkesempatan mencicipi penghasilan lebih awal dari yang saya kira. Bingung, karena tidak menyangka itu bisa terjadi mengingat DA/PA saya masih rendah. Benarlah rumus lama itu: kalau rezeki tidak akan kemana.

Setelah mendapatkan informasi jelas dari klien, saya akhirnya mengambil tawaran itu. Hitung-hitung learning by doing. Alhamdulillah, prosesnya lancar jaya sentosa. Wah, jadi tambah bersemangat posting artikel, nih.


Kumpul dengan para blogger Malang di sebuah acara blogger gathering.
Infonya ada di postingan selanjutnya, ya (dok. Hijup.com)

Bonus yang kedua adalah undangan untuk menghadiri sebuah blogger gathering di kota Malang. Ini ‘wow’ bagi saya yang belum pernah menghadirinya. Ternyata acara tersebut juga tidak mensyaratkan nilai DA/PA. Kebetulan acaranya diadakan di hari Sabtu, pas suami saya ada di rumah. Sekalian family time, deh. Alhamdulillah, mimpi yang kedua pun terwujud dalam tempo yang tidak lama.

Sedangkan bonus yang ketiga saya peroleh kemarin, tanggal 26 Oktober 2018. Postingan awal di One Day One Post yang sekaligus saya ikutkan lomba ternyata berhasil mencatatkan nama saya sebagai salah satu juara favorit. Alhamdulillah.


Hasil lomba Creator Contest di C2live.com

Keikutsertaan saya dalam lomba blog bisa dihitung dengan jari. Terakhir menang pun tahun kemarin. Jadi boleh dong saya begitu mensyukurinya. Orang lain boleh menganggap ini biasa, tapi tidak bagi saya yang terus belajar bersyukur terhadap sekecil apapun karunia-Nya.

Sungguh, tiga bonus yang saya sebutkan di atas menjadi hadiah manis pada perayaan Hari Blogger Nasional 2018 kali ini. Kejadian yang akan menjadi helai-helai dalam rajutan mimpi-mimpi saya.

Pastinya ‘waktu merajut’ saya tidak sama dengan blogger yang lainnya. Saya tidak ingin membandingkan ‘hasil rajutan’ saya lalu merasa tidak berharga. No! Saya ingin membandingkan dalam rangka terus belajar dan bekerja sama dengan para blogger yang punya mimpi serupa.

Selamat Hari Blogger Nasional 2018.

I am blogger and I am very happy ^^







Postingan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post bersama Estrilook Community
#ODOP_ Day15

1 comment:

  1. wow, selamat ya! memang ngeblog itu hobi yang penuh kesenangan dan kejutan ya

    ReplyDelete