My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Ngeblog Aktif Bersama Setip



Assalamualaikum. Hai, teman-teman! Tak terasa kita sudah masuk bulan Februari aja, nih. Itu berarti segala tantangan di bulan Januari telah terlewati, berikut mimpi-mimpi yang luput ataupun sukses terwujud. Selamat buat teman-teman yang mimpinya menjadi nyata. Tetap semangat juga untuk yang mimpinya masih tertunda.

Saat menulis ini, di depan saya ada kalender yang tidak bosan saya lihat setiap hari. Walaupun di ponsel ada kalender digital, tapi rasanya kurang puas jika tidak menatap kalender 'asli'. Ini sebenarnya adalah kebiasaan lama saya, sih. *Ada yang sama dengan saya, gak?

Ya, kalender adalah salah satu sahabat baik saya. Sebagai seorang emak, kalender sungguh terlihat indah jika tanggal muda tinggal sedikit lagi, hihi. Juga saat ia menunjukkan banyak tanggal merah sehingga suami saya bisa lebih banyak di rumah. Pun, -ehem- saya memakai kalender untuk menerapkan KB alami, sih.

Bukan. Saya tak hendak mempromosikan kalender, kok. Hehe...


Satu lagi, nih. Sejak saya memutuskan untuk ngeblog lebih serius lagi, menatap kalender itu rasanya jadi memacu semangat diri. Wah, udah tanggal segini, kok postingan di blog masih sedikit? Duh, deadline lomba tinggal sehari, nih! 

And so on... Do you feel the same? ^^

Persis seperti saat ini. Sekarang sudah tanggal 4 Februari tapi postingan terbaru blog ini baru saya buat. Alasan klasik tapi memang beneran: tanggal 1 sampai 3 itu weekend berharga buat keluarga LDR kami. Lha gimana lagi, yak ^^

Pastinya, tiga hari di awal Februari ini tidak ada yang baru di blog saya. Tapi di hari keempatnya, harus ada, dong! I (don't) hate Monday. Seperti para pekerja lainnya, hari Senin seperti ini adalah saat yang tepat untuk kembali ke track semula. Apalagi mulai Senin ini, saya akan mulai mengikuti tantangan SETIP.

Hah? SETIP? Apaan tuh?

Hehe... Dalam Bahasa Jawa, setip artinya adalah penghapus. Nah, hampir sama, nih. SETIP (Seminggu Tiga Postingan) adalah tantangan ngeblog untuk menghapus kemalasan sehingga pesertanya bisa lebih aktif ngeblog. Filosofi yang pas!

Dari akronimnya, kita bisa menyimpulkan bahwa tantangan ini mewajibkan pesertanya untuk memposting tulisan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Ada jadwal setor postingannya yaitu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Dimulai pada hari ini, 4 Februari 2019 sampai akhir April 2019 nanti. Wow, tiga bulan, euy!


Nah, tantangan kece ini diselenggarakan oleh Estrilook Community. Ini adalah website yang concern membahas seputar dunia perempuan plus mewadahi para penulis dan blogger perempuan. Web ini membuka kesempatan bagi para penulis perempuan untuk menjadi content writer di sana, lho. Founder sekaligus CEO-nya adalah penulis produktif sekaligus blogger aktif, Mbak Muyassaroh. 

Saya sendiri menjadi anggotanya sejak bulan Oktober 2018 yang lalu. Saya tidak menjadi content writer-nya tapi tertarik menjadi anggota Estrilook Blogger Squad (EBS). Ada agenda blogwalking rutin setiap Senin dan Kamis di grup Facebook Estrilook. Pun EBS sudah dua kali menyelenggarakan tantangan One Day One Post (ODOP) pada bulan Oktober 2018 dan Januari kemarin.

Cuzz... Tengok dan baca estrilook.com untuk mengenal lebih jauh, ya. 

Kembali lagi ke SETIP. Saya merasa tertarik untuk mengikuti tantangan ini, karena:

1. Mewujudkan Resolusi

Salah satu resolusi saya tahun ini adalah lebih aktif ngeblog dari awal tahun sampai akhir tahun. Pada pertengahan tahun lalu, blog saya sempat vakum karena saat itu agak fokus ke proyek antologi. Saya baru on fire lagi di bulan Oktober 2018.

Nah, saya maunya sih konsisten ngeblog sehingga tak ada lagi sarang laba-laba di blog ini. Dengan mengikuti SETIP, setidaknya akan ada 36 postingan blog selama tiga bulan ke depan. Insya Allah. Ini sangat membantu agar resolusi tak sekadar wacana tapi ada bukti nyata.

2. Target yang Realistis

Saya sudah pernah mengikuti tantangan One Day One Post (ODOP) sebanyak 5 kali. Dua kali berhasil sampai tuntas yaitu ODOP-nya Blogger Muslimah Indonesia (Oktober 2017) dan ODOP-nya Estrilook Blogger Squad (Oktober 2018). Kayaknya, Oktober ini menjadi my lucky month :)

Sedangkan tiga yang lainnya yaitu:

✍️ Satu Hari Satu Karya by komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) pada bulan Januari 2018. Saya sampai finish tapi tidak dinyatakan menang karena ada satu syarat yang tidak memenuhi kriteria: satu kali merapel postingan :P Tantangan ini tema-nya ditentukan dan tidak boleh telat menyetor postingan setiap harinya.
✍️BPN 30 Days Challenge by Blogger Perempuan Network (BPN) pada bulan November-Desember 2018. Saya hanya berhasil menyetor 10 postingan saja, hiks. Padahal diperbolehkan merapel postingan untuk challenge yang tema-nya juga ditentukan ini. Kenyataannya, bagiku tidak semudah itu, Fernando :D 
✍️ODOP by Estrilook Blogger Squad pada bulan Januari 2018 alias bulan lalu. Yang ini pun diperbolehkan merapel dan Tema postingan bebas. Tapi rapelan saya tidak sampai garis finish. Fiuhh... Alhasil, tidak berhasil (lagi).

Hmm... Saya pun melakukan analisa sederhana bahwa saat ini sulit rasanya bagi saya memposting tulisan setiap hari dengan jumlah kata minimal 1000. Piye, ya... Akhir-akhir ini saya ingin menulis yang panjang, gitu. Sekalian menuntaskan PR resensi buku sedikit demi sedikit yang notabene membutuhkan waktu untuk membaca juga.



Ya, ya. Kalau dipaksakan mungkin bisa. Dengan risiko si kecil saya meraung-raung karena emaknya berpaling darinya, hihi...

Akhirnya saya menyadari bahwa yang paling mungkin saya lakukan adalah menulis tiga postingan dalam seminggu. Pas dengan syaratnya SETIP. Pun sebelumnya, ini (lumayan) rutin saya lakukan karena mengikuti blogwalking-nya grup Pasukan Blogger Joeragan Artikel yang jadwalnya setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Siap blogwalking pastinya siap dengan postingan baru, dong.

That's why, I am ready for joining SETIP.



3. Tema Bebas, Rapel Boleh

Ya, SETIP membolehkan pesertanya untuk menulis tema apa saja. Bagi saya ini menyenangkan karena saat harus bersamaan dengan menulis Sponsored Post (SP), Content Placement (CP), ataupun mengikuti lomba blog maka bisa 'sekali jalan'. 

Ini tentunya berbeda jika ada tema yang ditentukan sepanjang challenge berlangsung. Pesertanya harus siap menulis dua kali; untuk challenge dan SP/CP/lomba. Ada sih blogger yang bisa. Keren! Saya pun bisa... semaput :D

Nah, boleh merapel juga salah satu bentuk keringanan. Ya, namanya juga manusia. Kadang bisa tiba-tiba sakit atau mendadak ada keperluan yang menyita banyak waktu. Maka merapel tulisan menjadi kunci!

Tapi keringanan ini akan saya jadikan sebagai pintu darurat saja. Artinya, sebisa mungkin saya tidak ingin merapel. Sebisa mungkin, tugas menulis saya sudah tuntas setiap Jumat tiba. Sehingga saya bisa ber-weekend bersama keluarga dengan leluasa, tidak berpikir tentang PR lagi.

4. Menambah Koleksi Pencapaian

Jujur saja, saya mupeng berat saat para blogger penakluk ODOP Januari kemarin mendapatkan badge cantik sebagai penghargaan atas keberhasilan mereka. Plus ada e-certificate juga. Keren, euy!

Padahal itu bukan hadiah berupa uang, sebagaimana hadiah pada lomba-lomba blog. Tapi bagi saya kok sama berharganya, ya. Baik lomba blog atau challenge seperti ODOP itu sama-sama membutuhkan kerja keras dan kreatifitas. Pemenangnya pun sama-sama boleh berbangga dan berbahagia kan, ya.

Mulai hari ini, saya mau bermimpi tentang e-certificate itu, ah. Bismillah...


Sungguh, menjadi blogger itu menuntut saya untuk terus bergerak. Setiap kali ada kesempatan menghadiri event, saya akan berusaha ikut. Pun setiap kali ada tantangan seperti SETIP ini, sayang rasanya jika dilewatkan. Semua adalah dalam rangka mewujudkan konsistensi dan lebih aktif lagi.

Nah, teman-teman yang mau bergabung dengan tantangan SETIP ini, belum terlambat, kok! Yuk, daftar jadi anggota Estrilook Community dulu. 


Salam,






Sumber foto: unsplash.com


35 comments:

  1. Nulis tiap hari itu emang nggak mudah. Kalau ngerapel, utangnya juga jadi banyak banget. Hiks.

    Semoga SETIP ini bisa selesai ya..

    ReplyDelete
  2. Menulis seminggu tiga kali, Mbak? Aih, gampang banget itu. Masih jauh di bawah ekspektasi saya yang setiap hari. Implementasinya, gimana? Ya nggak jalan juga, sih? Buka tutup laptop aja yang sering, wkwkwwk ... Mungkin memang idealnya seminggu 3x itu, ya. Jadi, ikutan jangan, nih?

    ReplyDelete
  3. Klu ikut ODOP tiga bulan berturut2 juga saya nggak sanggup Mbak, ngos-ngosannya itu lho... tapi klu ikut SETIP 3 bulan berturut2, in syaa Allaah bisa. Semoga sama2 sampai di garis finish ya mbak😊

    ReplyDelete
  4. mau juga aku ikutan SETIP! ah tapi aku belum selesai nulis ini di blog wkwkw, semoga kamis bisa hehe ~

    ReplyDelete
  5. Yes bener banget setip semua kemalasan. Harus dicontoh dan disemangati terus

    ReplyDelete
  6. mantab euy Mba Tatiek. Semoga kali ini lancar jaya dan lulus yesss

    ReplyDelete
  7. Makin oke saja Estrilook Community ini..
    Kalau setiap hari agak berat bisa coba SETIP, seminggu tiga postingan, lumayaaan
    Selamat nyetip, semoga sukses Mbak

    ReplyDelete
  8. Estrilook programnya macam-macam ya. Aku sik absen dulu aja. Anakku baru masuk playgroup, yang gede balik masuk pagi lagi. Masih penyesuaian lagi sama manajemen waktu yang baru. Good luck buat Mbak Tatiek. Semoga tuntas☺️

    ReplyDelete
  9. Semangat ya mba ikutan Setip. Bismillah mg2 tuntas dan konsisten...Aamiin

    ReplyDelete
  10. Sukses dengan SETIP-nya ya, Mba. Pengen ikutan sih, tapi belum bisa konsisten dikejar-kejar bun Muyassaroh, hehehe

    ReplyDelete
  11. Mau ikut SETIP tp takut ga runut nulisnya. Tapi saya angkat topi buat estrilok yg rajin mengenjot para emak agar rutin nulis👍👍

    ReplyDelete
  12. Daku akhirnya ikutan SETIP.
    Tertarik ikut gegara postingan Mb Tatiek nih, hehe.
    Bismillah bisa menaklukkan tantangannya ya mbak.
    Aamiin

    ReplyDelete
  13. Sudah gabung di estrilook tapi belum berani ikutan setip mbak. Duh, belum bisa konsisten sayah. Sukses terus ya buat mb tatiek.

    ReplyDelete
  14. Sayangnya sy belum bisa ikut kesempatan ini. Semoga next project bisa ikutan ya

    ReplyDelete
  15. Walaupun engga ikut Estrilook...saya jadi termotivasi juga nih untuk SETIP.
    Semangaaat...
    Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  16. Wih banyak juga pengalaman ODOPnya mba, saya ngos2an tuh waktu ikut odopnya BPN hihi, semangat nulis lagi yuk bareng estrilook :)

    ReplyDelete
  17. Blognya cantik dan isinya rapi. Mantap.

    ReplyDelete
  18. Tetap semangat dan semoga sukses di tantangan kali ini yaa

    ReplyDelete
  19. Masyaallah keren euy bunda Tatiek bisa menaklukkan tantangan, walopun ada yg belum nyampe target but its oke, itu jauh lebih baik dari saya yang belum pernah berani ikut, hueheheh..

    ReplyDelete
  20. Aku juga ikutan setip mba.. semoga aja kali ini berhasil, gagal di ODOP semoga targetnya 3kali postingan ini emang pas bgt sama harapan aku

    ReplyDelete
  21. Sama, aku juga ikut Setip mbak. Odop Estrilook bulan lalu saya juga gagal, hiks...
    Semoga kita semua bisa istiqomah hingga garis finish ya mbak... Yuk, semangaaaat ngisi blog dengan konten bermanfaat.

    ReplyDelete
  22. Wah semangat mbak.. aku juga ikutan mudah2an bisa ikut sampe akhir..skalian biar terbiasa konsisten menulis di blog

    ReplyDelete
  23. saya juga ikut SETIP ini Mbak, kemarin mau ikutan ODOP tapi masih maju mundur kemudian nyesal tapi gpp deh rasanya saya belum bisa konsisten dan bagi waktu dengan baik, kasihan juga anak-anak klo emaknya sibuk dgn blog sementara ketemu mereka itu cuma beberapa jam sehari aja, huhuhuh *upss koq jadi curhat, makanya kayaknya SETIP ini yang pas buat mengusir rasa malas dan menaklukkan diri sendiri :D

    ReplyDelete
  24. Saya tidak.jadi.ikut. kebetulan bulan ini kegiatan sedang padat. Khawatir tidak bisa konsisten.

    ReplyDelete
  25. Semoga selain kalender, SETIP juga bisa jadi pemicu kita untuk bisa semangat menulis blog ya Mbakk..ternyata pejuang LDM juga yaaa..sama kita, toss dulu...memang pertemuan selalu teramat berharga

    ReplyDelete
  26. Saya sudah gabung di setip. Ayo semangat bersama-sama.. Salam kenal Mbak.

    ReplyDelete
  27. semangat mbak, mari kita menulis (langsung keiingat belum setor yg buat hari jumat)..hehehehe

    ReplyDelete
  28. Mari Semangat mba..
    Saya juga ikutan SETIP semoga sama-sama bisa lancar ke garis finish.

    ReplyDelete
  29. Semangat mbak, saya juga sedang berjuang hihihi

    ReplyDelete
  30. betul sekali,salah satu kemudahan setip yang membuat saya tertarik adalah bisa merapel hehe... artinya jika di hari yg ditentukan blm beres, masih ada kesempatan untuk membereskannya.

    ReplyDelete
  31. Kebetulan saya juga sedang mengerjakan tugas yang lain. Jadi, SEtip ini memang paling cocok. Kalau odop saat ini ga sanggup

    ReplyDelete
  32. Mantap mbak, semoga sukses melewati challenge ini, kali ini saya skip

    ReplyDelete
  33. Doakan juga ya saya nggak banyak alasan, jadi bisa konsisten kwkwwwk

    ReplyDelete
  34. Semoga sukse setipnya Mbak. Saya juga ikutan. Senang ada inovasi program komunitas yang sePerti ini💪💪

    ReplyDelete