My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Momen-momen Terbaik Ramadan Tahun Ini



Jika saya ditanya tentang momen terbaik yang terjadi pada Ramadan tahun ini, ingin rasanya saya menjawab bahwa setiap hari di bulan Ramadan itu istimewa. Bagaimana tidak. Suasana religiusnya saja begitu terasa baik di dalam rumah atau di luar rumah.

Rumah saya berdekatan dengan sebuah musalla yang sehari-harinya sedang saja keramaiannya. Begitu Ramadan datang, jemaah pun membludak tidak seperti biasanya. Sebuah tanda bahwa Ramadan memang istimewa sehingga orang-orang beriman berlomba untuk mengisinya dengan amal-amal ibadah terbaik. 

Berikut ini beberapa momen terbaik saya selama Ramadan kali ini:

1. Berhasil Membayar Utang Puasa

Sejatinya, Ramadan adalah bulan memanen. Dua bulan sebelumnya yaitu Rajab dan Sya'ban adalah bulan menyemai benih dan merawat tanaman. Sebaiknya setiap muslim sudah bersiap-siap sejak dua bulan tersebut. Diantara persiapannya adalah membayar hutang puasa jika masih mempunyai.

Alhamdulillah, kekurangan utang puasa saya sudah lunas. Ada kelegaan tersendiri saat memasuki Ramadan tanpa beban utang. Bisa lebih fokus dan tenang. 

2. Merasa Gembira dengan Datangnya Ramadan

Adakah orang Islam yang tidak suka dengan datangnya Ramadan? Pasti ada. Ya, kalau hanya sekadar beragama Islam, belum tentu seseorang itu akan gembira saat Ramadan datang. Bukankah yang diseru oleh Allah untuk berpuasa itu adalah orang-orang yang beriman? 

Alhamdulillah, saya merasa bahwa saya adalah salah satu muslimah yang bergembira dengan hadirnya bulan Ramadan. Bersyukur bahwa umur saya disampaikan lagi pada Ramadan 1440 Hijriyah kali ini. 

Salah satu 'sambutan' saya jelang Ramadan datang adalah dengan membuat postingan blog spesial tentang menghidupkan tradisi sebelum Ramadan datang. 

So, jika hati kita tidak bergembira dengan kehadiran Ramadan, waspadalah! 

3. Merasakan Kedamaian Hati

Ramadan kali ini hadir setelah agenda Pemilu 2019 negeri ini. Awalnya saya sungguh berharap dengan hadirnya Ramadan, suasana panas di media sosial akan mereda. Ternyata tidak. 

Saya sesekali saja sih membaca newsfeed facebok. Wuih, ternyata masih banjir caci maki. Hmm, jagad facebok memang lebih panas daripada jagad instagram saya. 

Tentu saja saya memilih untuk tidak ikut berdebat kusir. Saya memilih untuk menuangkan ide sederhana tentang politik Indonesia lewat unggahan di instagram. Saya juga ikut menandatangani petisi yang berkaitan dengan perbaikan Indonesia. Selebihnya, saya berdoa pada bulan penuh rahmat dan ampunan ini. 

Kenyataannya, di dunia nyata yaitu di lingkungan rumah saya, tidak ada tuh gontok-gontokan karena perbedaan pilihan. Obrolan politik di warung berjalan aman, beda pendapat tapi tidak sampai mengumpat. Nauzubillah... 

Alhasil, pada Ramadan kali ini saya tetap bisa menjaga kedamaian hati. Alhamdulillah. 

4. Menyelesaikan Target Ramadan

Rangkaian ibadah ritual yang lebih baik adalah target saya selama Ramadan berlangsung. Ya, Ramadan menjadi pengingat yang ampuh saat ibadah sunnah saya mulai kendor. Misalnya: salat dhuha dan salat sunnah rawatib. Jadi lebih rajin dari biasanya. Begitu juga dengan intensitas bersedekah. 

Sedangkan tilawah Alquran, saya menargetkan khatam minimal 1 juz. Kali ini saya hanya mencapai batas minimal itu. Tetap saya syukuri, sih. Alhamdulillah. 

4. Menyelesaikan Tantangan Ngeblog

Nah, ini dia aktivitas baru yang belum pernah saya lakukan pada Ramadan sebelumnya. Saya mengikuti tantangan menulis blog selama 30 hari pada programnya Blogger Perempuan Network (BPN). Tajuknya adalah #30HariKebaikanBPN. Sebuah dorongan untuk menulis tentang seputar Ramadan dan lebaran dengan tema harian yang sudah ditentukan. 

Alhamdulillah, walaupun harus merapel, saya bisa menuntaskannya. Lega. Saya bisa mudik dengan tenang di esok hari :) 

Ada target yang luput sih yaitu i'tikaf di masjid. Saya belum bisa melakukan tahun ini. Semoga tahun depan bisa, insya Allah. Pastinya semoga umur saya dipanjangkan sampai Ramadan tahun depan, aamiin. 


Salam, 
Tatiek Purwanti


#bpnchallenge2019 
#bpnramadhanchallenge 
#BPNetwork 
#bpnblogpostchallenge 
#bpn30dayblogpost 
#bpn30dayblogpostchallenge
#Day28

No comments:

Post a Comment