My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Selamat Datang Muharram! Selamat Tahun Baru Islam!

IG @modelawercom

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (QS. At-Taubah: 36)

Alhamdulillah, September ceria bukan hanya sebuah judul lagu jadul tetapi benar-benar terjadi hari ini. Tidak lain karena tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah, terjadi tepat pada tanggal 1 September 2019. Qadarullah, ini benar-benar peristiwa yang indah karena kalender Masehi dan kalender Islam bisa pas, gitu.

Kita sebagai ummat Islam sudah selayaknya bersyukur atas nikmat umur, atas dipanjangkannya usia kita sehingga bisa berjumpa dengan salah satu bulan haram seperti yang disebutkan pada ayat Alquran di atas. Ya, memasuki bulan haram seperti Muharram ini seharusnya membuat kita berhati-hati sekaligus bersemangat. Tahu 'kan apa sebabnya?

“(Janganlah kalian menganiaya diri kalian) dalam seluruh bulan. Kemudian Allah mengkhususkan empat bulan sebagai bulan-bulan haram dan Allah pun mengagungkan kemuliaannya. Allah juga menjadikan perbuatan dosa yang dilakukan didalamnya lebih besar. Demikian pula, Allah pun menjadikan amalan shalih dan ganjaran yang didapatkan didalamnya lebih besar pula” (Tafsir Ibnu Katsir: 3/26).

Tuh... Ini adalah saat yang tepat untuk beramal salih, Sob. Juga saat yang tepat untuk berhati-hati dalam bertindak. Coba bayangkan jika mayoritas ummat Islam menjaga kedua hal di atas saat bulan haram tiba, alangkah sejuknya suasana saat bulan-bulan haram tiba. Tentunya tanpa mengabaikan bulan-bulan yang lainnya, ya. Yang jelas, Allah sendiri yang menyebut keutamaan 4 bulan haram tersebut.

By the way, 3 bulan yang lainnya pastinya sudah tahu, dong. Yups, mereka adalah Zulqa'dah, Zulhijjah, dan Rajab. Harus hapal lho, ya :) 

Kesempatan Beramal Salih di Bulan Muharram

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).


Sumber: IG @warq_ul_jannah

Jelas sudah betapa istimewanya bulan pertama dalam kalender Hijriah ini; dianjurkan banyak berpuasa sunnah pada bulan Muharram. Betul-betul "perayaan" tahun baru yang berbeda, bukan? Ya, cara kita bergembira adalah dengan berpuasa. 

Sejak awal Muharram sampai akhir Muharram, kita boleh berpuasa sunnah sebanyak-banyaknya. Boleh berpuasa Daud atau rutin berpuasa Senin-Kamis. Tetapi, puasa sunnah yang paling sering disebutkan adalah berpuasa pada tanggal-tanggal istimewa berikut ini. 

Catat tanggalnya ya, teman-teman. Jika tidak ada halangan syar'i, mari berpuasa! 

1. Puasa Tasu'a (9 Muharam)
Senin, tanggal 9 September 2019

2. Puasa Asyura (10 Muharam)
Selasa, tanggal 10 September 2019

3. Puasa Ayyamul Bidh (13-15 Muharam)
Jumat-Minggu, tanggal 13-15 September 2019

Are you ready? 

4 Suasana Istimewa pada Muharram Kali ini

Ini selingan dari saya saja, sih. Hehe... Memang beneran ada yang istimewa pada Muharram tahun ini. Saya sebutkan sedikit di sini untuk saya jabarkan lebih luas lagi pada postingan berikutnya. 

1. Mulai Ngeblog Lagi

Saya memang sengaja hiatus, tidak ngeblog selama dua bulan (Juli dan Agustus) dan mulai ngeblog lagi pada awal September alias awal Muharram ini. Pas banget ada agenda One Day One Post (ODOP)-nya Estrilook Community. Cuzzz... saya ikutan!



Ini adalah agenda ketiga yang saya ikuti di Estrilook. Sebelumnya saya sudah pernah "sukses" mengikuti ODOP dan SETIP (Seminggu Tiga Postingan). Walaupun ada merapelnya, sih. Yang jelas, tantangan ODOP ini memang asyik!

Jadi, kenapa sempat hiatus, Buk?
Jawabannya berkaitan dengan "kesibukan" di poin 4 ;) 

2. Putri Sulung Menjadi Santriwati

Muharram kali ini saya lalui tanpa kehadiran putri sulung saya, Afra. Dia sudah resmi menjadi seorang santriwati di sebuah pondok pesantren tahfiz di Kota Malang. Tentunya sejak awal tahun ajaran kemarin.

Seperti ada yang hilang, tapi juga seakan terbit berjuta-juta harapan. Saya mungkin tidak bisa berpuasa sunnah bareng si sulung, tetapi saya yakin dia tengah bergembira melakukannya bersama teman-temannya. Membayangkan mereka beribadah bersama-sama sungguh menentramkan jiwa.

Cerita lengkapnya insya Allah pada postingan - postingan berikutnya, ya.

3. Long Distance Marriage (LDM) Sudah Berlalu

Akhirnya... Sebagaimana badai yang pasti berlalu, LDM saya dan suami juga berakhir. Alhamdulillah. Saya memang pernah menuliskan di blog ini tentang LDM yang sebaiknya ditargetkan kapan berakhirnya. Bagaimanapun, kehidupan "pernikahan yang sehat" amat menghajatkan kehadiran belahan jiwa dan kedekatan dengan jantung hati.

Maka Muharram kali ini menjadi istimewa. Saya dan suami bisa bersama-sama menikmati indahnya tahun baru di tempat yang sama. Bukan. Bukan begadang lho, ya. Melainkan berbincang mesra termasuk saling mengingatkan tentang puasa Asyura :) 

4. Menjadi Ketofastosis Warrior

Hah? Apaan itu?

Mungkin teman-teman yang baru mendengar istilah di atas akan berujar demikian. Sementara yang sudah pernah mendengar, mungkin saja sedikit terkejut tapi lantas manggut-manggut. Oalah, hiatus ngeblog-nya karena itu ternyata... 

Sedikit saya jelaskan, ya. Ketofastosis Warrior adalah sebutan bagi para pelaku Ketofastosis Lifestyle. Nah, Ketofastosis sendiri adalah gaya hidup yang merupakan gabungan dari Ketogenic Diet dan Intermittent Fasting. 

Oalah, dieeet... 

Bukaaan :D

Ini bukan sekadar mengatur pola makan. Ini  adalah lifestyle. 'Kan pas dengan pilihan saya sebelumnya di ranah blog yaitu lifestyle blogger. Saya tetap sebagai lifestyle blogger, kok. Bukan food blogger.

Jadi, menjadi Ketofastosis Warrior ini saya niatkan sebagai bentuk hijrah; memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik lagi. Sebagaimana saya juga pernah menuliskan di blog ini tentang hijrah hati dan hijrah psikis, Muharram kali ini saya jadikan momentum untuk "hijrah jasmani". Saya ingin menjadi muslimah yang sehat jiwa dan raga, insya Allah.

Cerita lengkapnya akan saya jembreng pada postingan-postingan berikutnya juga, ya. InsyaAllah.


IG @modelawercom

Nah, teman-teman. Mari memasuki tahun baru dengan semangat baru. Mulai dengan mensucikan diri melalui puasa sunnah dan beragam amal salih lain. Semoga semangat kita tetap menyala dan terjaga sepanjang tahun dengan niat lurus karena Allah. Aamiin.

Selamat Tahun Baru Islam
1 Muharram 1441 Hijriah


Salam,
Tatiek




Postingan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post (ODOP) September 2019 by Estrilook Community

#ODOPDay1

18 comments:

  1. Selamat tahun baru hijriah, semoga ke depannya semakin membaik dalam segala hal

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah tahun sudah berganti. Semoga di tahun ini lebih berkah dan bisa semakin berbagi kebaikan lagi aamiin. Semangat lebih baik dari tahun kemarin

    ReplyDelete
  3. Masya Allah semoga bs benar2 hijrah ke islam kaffah buat saya, untuk mb semoga tercapai semua target kebaikan

    ReplyDelete
  4. Yeyyy, selamat merayakan tahun baru Islam bagi teman teman yang merayakannya. Semoga di tahun baru ini, setiap impian segera terwujudkan yaa. Semoga kebaikan dan amal juga tetap ikut disejajarkan :)

    ReplyDelete
  5. Semoga di tahun baru ini kita bisa semakin memperbaiki diri agar kelak menjadi hamba-hamba yang saleh salihah. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Selamat tahun baru hijriah Mbak, semoga keberkahan selalu melingkupi keluarga kita Aamiin

    ReplyDelete
  7. Selamat Tahun Baru Muharram ya mbak semoga semuanya bisa dipermudah dan semuanya menjadi lebih baik di tahun yang baru, termasuk LDM yg sudah berakhir alhamdulillah. Kalau saya masih sampai awal tahun depan. Semoga kuaaaat...

    ReplyDelete
  8. Selamat tahun baru muharram semoga semua bisa lebih baik. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Selamat tahun baru Hijriyah, semoga hari-hari yang kita lalui terus membawa keberkahan, aamiin

    ReplyDelete
  10. Semoga semua doa baik kita di bulan Muharram yang mulia ini bisa diqobul dan kita semakin menjadi pribadi lebih naik lagi. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Wah, iya. Udah masuk tahun baru lagi. Moga bisa lebih baik dari sebelumnya. Memang iya banget ya, kalau pernikahan LDM itu berat. Pernah LDM walau bentar, rasanya enggak nyaman aja. Alhamdulillah udah berkumpul kembali sama suami. Anak yang besar juga udah masuk pesantren. Alhamdulillah moga ilmunya bermanfaat kelak buat kakak yang lagi belajar.

    ReplyDelete
  12. Tahun baru ini smoga lebih baik lagi, smua hajat terwujud, smangat ghiroh tetap terjaga

    ReplyDelete
  13. Aamiin...
    Semoga Allah memberkahi kehidupan kita ya mbak

    ReplyDelete
  14. Selamat Tahun Baru Muharram dan selamat menjadi KF Warrior hehehe aku sudah menjadi KF Warrior dari 3 tahun yang lalu

    ReplyDelete
  15. Masya Allah..banyak banget rencananya dan sebagian sudah dijalankan sesuai harapan.
    Semoga semua sukses dan tercapai impian ya Mbak Tatiek
    Tahun baru, semangat baru. Semoga semangat kita tetap menyala dan terjaga sepanjang tahun dengan niat lurus karena Allah. Aamiin.
    Reminder juga buat saya ini. Terima kasih sudah mengulasnya

    ReplyDelete
  16. paling seneng baca part yang udah nggak LDM lagi. selamat ya mbak. akhirnyaaaa... :)

    ReplyDelete
  17. Bener banget saya pun juga sedang belajar mengatur pola hidup sehat

    ReplyDelete
  18. Yeay. Selamat tahun baru hijriah. *Meskipun udah telat BW.. maaf manteman..
    Eh, btw yang poit terakhirnya itu lho Ketofastosis Warrior, baru tahu. Makasih infonya mbak.. 😊

    ReplyDelete