My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Berbincang tentang 5 Hal Menarik dari Indonesia


Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa
...

Sebagai orang yang lahir dan besar di Indonesia, saya berusaha mencintai dan menghargai apa-apa yang dimiliki negeri ini. Jika dihitung-hitung, terlalu banyak karunia indah dari Allah Swt yang harus kita syukuri.

Indonesia sebenarnya cukup sempurna dan kaya. Apa yang kemudian menjadi kekurangan dari Indonesia, sebenarnya adalah kekhilafan kita sebagai pengelolanya. Bukan salah Indonesia, tetapi salah orang-orangnya.

Jangan baper ya, teman-teman. Saya sih merasa begitu dan lebih baik menyalahkan diri sendiri dulu atas kekurangan negeri ini. Misalnya saat saya lebih suka minum memakai sedotan plastik daripada minum langsung dari gelas. Atau saat saya dulu lebih memilih minyak kelapa sawit daripada minyak goreng kelapa. Juga saat saya dulu membiarkan rekan kerja memanipulasi jam mengajar demi mendapatkan tunjangan sertifikasi. Duh! 

Blame it on myself... Tentu saja tidak boleh berlarut-larut dan harus bersemangat lagi memperbaiki diri. Mulai dari diri sendiri, mulai  dari hal terkecil, mulai saat ini juga. Yeay!

Nah, sambil terus bergerak dan melakukan hal-hal sederhana untuk Indonesia, ada baiknya saya sedikit mengulas 5 hal menarik tentang Indonesia. Ini dia:

1. Negara dengan Banyak Gunung Berapi Aktif


Indonesia termasuk dalam 5 negara yang memiliki gunung berapi aktif. 4 yang lainnya adalah Amerika, Jepang, Rusia, dan Chili. Ada sekitar 139 gunung berapi aktif di negeri ini yang berarti kita harus waspada dengan bencana gunung meletus yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Ada berkah di balik musibah. Itu pasti. Walaupun mengalami bencana gunung meletus itu tidak menyenangkan, namun ada manfaat yang bisa diambil setelahnya. Tak lain, abu vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi ini ternyata dapat menyuburkan lahan pertanian.

By the way, letusan gunung berapi di Indonesia pernah dicatat sebagai letusan yang paling dahsyat sepanjang sejarah. Itu terjadi saat Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat meletus pada bulan April tahun 1815.

Saking dahsyatnya, letusan Gunung Tambora terdengar sampai ke Sumatera! Letusan tersebut juga menyebabkan perubahan iklim dunia sehingga banyak panen yang gagal di belahan bumi bagian utara. Akibatnya, setelahnya terjadi kelaparan terburuk sepanjang abad ke-19.

2. Negara dengan Hutan Tropis Terluas di Dunia


Indonesia juga termasuk dalam 4 besar negara yang memiliki hutan tropis terluas di dunia. 3 hutan tropis yang lain adalah Hutan Amazon di Brazil, Hutan Congo Bazin di Republik Demokratik Kongo, dan hutan tropis di Kamerun.

Nah, hutan tropis terluas negeri ini terletak di Papua. Di sana terdapat banyak flora dan fauna yang beranekaragam dan amat mengagumkan. Bahkan para Ilmuwan menyebutkan bahwa separuh spesies flora dan fauna dunia itu hidupnya di hutan tropis Papua.

Adapun luas hutan tropis di Papua mencapai 28.816 kilometer persegi. Hutan tropis ini sangat penting karena menyediakan 40% cadangan oksigen untuk dunia. Masya Allah!

3. Negara dengan Spesies Ikan Hiu Terbanyak di Dunia


Ada sekitar 120 jenis ikan hiu yang terdapat di perairan Indonesia. Misalnya, Wild Shark, si Hiu Paus (Rhyncodon typus) yang merupakan Ikan Hiu terbesar di dunia itu ada di sini. Sudah hiu, paus pula. Hehe... Pantesan panjangnya mencapai 65 meter.

Sumber: thinkstocks

Jenis hiu terkenal lain yang sedang dijaga kelestariannya adalah:
a. Hiu Martil (Sphyrna leweni)
b. Hiu Martil (Sphyrna zygaena)
c. Hiu Martil (Sphyrna mokarran)
d. Hiu Koboi (Carcharhinus longimanus)
e. Hiu Gergaji (Pristis microdon)
f. Hiu Monyet/Cucut Pedang (Alopias pelagicus)
g. Hiu Lancur/Hiu Lutung/Hiu Tikus (Alopias superciliosus)
h. Common Thresher (Alopias vulpinus)

4. Negara Pemilik Ombak Tertinggi di Dunia


Kalau kita ditanya tentang pantai dengan ombak yang menakjubkan, apa jawabnya? Pantai Kuta? Pantai Sanur?

Kalau saya sendiri yang ditanya, saya akan jawab: Pantai Nganteb di Malang Selatan. Mempromosikan daerah sendiri, dong. Hehe... 

Ya, ya. Beberapa pantai di Indonesia memang memiliki ombak dahsyat dan tinggi yang cocok untuk berselancar. Diantara pantai-pantai itu, ada sebuah pantai bernama Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Pantai Plengkung memiliki ombak yang tingginya mencapai 4-6 meter dengan panjang mencapai 2 kilometer. Benar-benar surga untuk para peselancar. Inilah yang menjadikan ombak di Pantai Plengkung sebagai salah satu ombak terindah di dunia. Keren!

Aih, jadi pingin ke Pantai Plengkung. Bukan berselancar, sih. Cukup memotret ombaknya saja, hehe... 

5. Negara Pemilik Makanan Terenak di Dunia


Sedikit melenceng dari 4 poin di atas yang merupakan anugerah alam. Poin kelima ini berasal dari cipta karya anak bangsa di bidang kuliner. Adalah rendang, nasi goreng, dan sate yang masuk ke dalam golongan 50 makanan paling enak di dunia. Yummy...

Khususnya Rendang yang merupakan makanan khas Padang, ia menempati urutan ke-11 makanan paling enak sedunia berdasarkan rilis dari stasiun berita CNN. Rendang bahkan bisa mengalahkan Kebab dari Turki dan Lasagna dari Italia.

Yeay! Rendang is always in my heart. Sejak dulu saya memang penyuka Rendang. Apalagi sekarang saat saya mulai menjadi pelaku Ketofastosis Lifestyle, pemakan lemak 🤤 Jadi out of the topic, deh. Hehe... 

Nah, kelima hal di atas kiranya bisa kita jadikan alasan untuk bersyukur bahwa kita adalah orang Indonesia. Baru seujung kuku hitam, sih. Karena masih banyak hal positif lain yang bisa kita gali dari negeri ini.

Yang negatif-negatif juga banyak. Itu menjadi PR kita bersama. Walaupun tidak mudah, InsyaAllah kita bisa! Harus berpikiran positif dulu untuk mengubah hal-hal yang negatif. Setuju? 

Aku tresno Indonesia. Kowe? 


Salam, 






18 comments:

  1. Ternyata ada banyak macam jenis hiu ya, aku baru tahu. Btw kuliner nusantara memang mantap mba, bikin kangennn

    ReplyDelete
  2. rendang hahahha emang enak banget sih. sebanding pula lah dengan proses pembuatannya. tapi dosen saya pernah bilang bahwa indonesia bukan negara yang subur. sampai sekarang saya nggak ngerti maksud nggak suburnya itu dimana

    ReplyDelete
  3. negara yang punya gunung api aktif ternyata sedikit sekali ya, termasuk indonesia... tapi paling setuju deh kalo makanan di indonesia itu enak-enak, selain rendang ada banyak lagi makanan ena-ena, umumnya yang pake rempah, bangga deh

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya, semakin bangga dg Indonesia,

    Semoga kekayaan kita tetap terjaga sehingga anak cucu masih bisa menikmati :)

    ReplyDelete
  5. seperti apapun Indonesia, aku tetap Cinta.
    no 2 dan no 5 lagi, bikin semakin cinta

    ReplyDelete
  6. Ternyata hiu itu banyak jenisnya dan Indonesia punya. Waah saya baru tahu loh... Eits gunung berapi kan meletus ada tandanya, jadi tak perlu cemas dan takut tinggal di negara indah ini

    ReplyDelete
  7. yup setuju, bukan salah Negaranya tapi salah orang-orangnya :( suka sedih kalau dianggap remeh pada saat travelling begitu tau dari Indonesia

    ReplyDelete
  8. Banyak good news from Indonesia, tp kdg sedih juga kalau saling bully negaranya sendiri. Giliran yg baik2 itu punyanya luar, yg jelek2 punya +62.

    ReplyDelete
  9. Dibalik kekurangan memang pasti ada kelebihan, meski begitu terlahir, besar dan hidup di negeri ini menjadi suatu hikmah yang patut kita syukuri ya

    ReplyDelete
  10. Negara dgn spesies hiu terbanyak & ombak tertinggi beneran baru denger ini. Yg lainnya sudah pernah tahu dan baca.
    Luarrr biasa memang Indonesia. Aku yo tresno negaraku hehehe...

    ReplyDelete
  11. Indonesia emang kaya raya buangeeet ya Mbak. Bangga menjadi warga Indonesia yang punya semuanya ini.

    ReplyDelete
  12. Baru tau letusan gunung berapi di Nusa Tenggara Barat, kirain cuma letusan gunung Krakatau yang pengaruhnya sampai ke berbagai belahan dunia.

    Klo rendang di semua hajatan di sini wajib hadir hehe

    ReplyDelete
  13. Pokoknya Indonesia ini lengkaaaap dan membanggakan sekali ya. Saya Juga bangga dan bersyukur mbak bisa jadi orang Indonesia. Tinggal benahi saja mental orang orangnya supaya Indonesia menjadi negara yg besar dan maju

    ReplyDelete
  14. Indonesia memang membanggakan namun pemerintahan harus menjaga kelestariannya

    ReplyDelete
  15. Baru tau nih mba.. Banyak species hiu di perairan Indonesia. BTW, barakallahu fiik ya mbaa��

    ReplyDelete
  16. Sampai pada titik ini, saya baru sadar Indonesia sudah memberikan banyak hal pada saya terutama kemerdekaan gratisan dari para pejuang huhu

    ReplyDelete
  17. Keren ya Indonesia memiliki kelebihan-kelebihan yamg tidak dimiliki oleh negara lain

    ReplyDelete
  18. Soal rendang, pernah jadi masakam nomor 1 di dunia, selain sate. Masakan Indonesia keren banget, kan?

    ReplyDelete