My Lifestyle, My Journey, My Happiness

5 Burung Tropis nan Manis di Film "Rio"



All the birds of a feather
Do what they love most of all
We are the best at rhythm and laughter
That's why we love carnival
... 
(Real in Rio, Original Soundtrack of "Rio") 

Masih mengenang kebersamaan bersama Afra saat masa kecilnya, saya teringat momen saat kami nonton film bareng. Ya, menonton film bareng adalah sarana belajar yang pas buat Afra selain membaca buku. Dia mudah mengingat pesan yang disampaikan secara visual dalam film. Biasanya jika filmnya bagus, akan ditontonnya berulang, pertanda dia suka. 

Waktu itu kami menonton sebuah film animasi dengan format fabel alias diperankan oleh para hewan. Judulnya adalah "Rio" yang merupakan kependekan dari Rio de Janeiro, ibukota Brazil. Film ini diproduksi pada tahun 2011 oleh Blue Sky Studios dan 20th Century Fox Animation.

Tokoh utama film ini adalah seorang gadis pemilik toko buku yang tinggal di Amerika, bernama Linda. Gadis berkacamata itu memelihara seekor Burung Macaw langka berbulu biru yang diberi nama Blu. Uniknya, keduanya bisa bercakap-cakap. Kelak, Blu bertemu dengan Burung Macaw betina cantik yang bernama Jewel dan mereka bertualang ke Rio de Janeiro.

Dari menonton film "Rio" inilah lantas pembicaraan kami berlanjut tentang dunia burung-burung. Tak lain karena di film "Rio" para burung digambarkan memiliki kehidupan yang ceria, penuh petualangan, pemberani, dan pantang menyerah.

Saya tentu saja harus mencari referensi dulu saat Afra bertanya tentang burung-burung pada film "Rio" yang menghuni Hutan Tropis Amazon di Brazil itu. Tidak hapal, hehe... 

Nah, ini dia 5 jenis burung paling menonjol yang terdapat pada film "Rio" yang merupakan jenis burung yang hidup pada hutan tropis:

1. Burung Macaw

Burung ini berasal dari Amerika Latin alias Amerika Selatan. Ukuran tubuhnya cukup besar dan memiliki warna yang cantik dan unik. Ada yang satu warna saja, seperti Blu dan Jewel yang berbulu biru, atau beraneka warna cerah yang cukup menarik.


Burung Macaw memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi, persis seperti gambaran Blu dalam film "Rio" tersebut. Maka saat Burung Macaw dilatih oleh manusia, dia dengan mudah menirukan suara manusia, menari, bersepeda, ataupun berhitung. Pintar, ya ☺

2. Burung Kakaktua Jambul Kuning

Burung Kakaktua adalah jenis burung yang eksotis. Warna bulunya biasanya adalah perpaduan putih, kuning, dan tentu saja ada jambul berwarna kuning di kepalanya. Ia juga tergolong sebagai burung yang cerdas. Seperti Burung Macaw, burung ini pun bisa melakukan berbagai atraksi jika dilatih dengan baik.


Pada film "Rio", ada Burung Kakaktua Jambul Kuning yang bernama Nigel. Sayangnya, ia berperan sebagai tokoh antagonis yang bengis. Bahkan banyak orang yang takut pada Si Nigel yang galak itu. Afra sebel padanya, hehe...

3. Burung Rangkong

Burung Rangkong disebut juga Burung Enggang. Ia memiliki ciri khas pada paruhnya yang besar yaitu menyerupai tanduk sapi. Di seluruh dunia, ada 57 spesies Burung Rangkong. 14 diantaranya ada di Indonesia, lho.


Pada film "Rio" ada sepasang Burung Rangkong yang bernama Rafael dan Eva. Keduanya adalah pasangan romantis yang membantu Blu dan Jewel saat mereka berada dalam kesulitan.

4. Burung Kardinal Merah

Burung Kardinal Merah (Red Crested Cardinal) memiliki penampilan yang cantik, eksotik, dan suara kicauan merdu. Keluarga burung kardinal (Cardinalidae) sendiri terdiri atas 23 marga dan 68 spesies.

Burung yang bernama latin Paroaria coronata ini ada pada sosok Pedro, sahabat Blu. Di film "Rio", Pedro ini bertubuh gemuk dan lucu. Cuma ada di film deh seekor Burung Kardinal Merah bisa obesitas. Hehe... 



5. Burung Kenari Kuning

Burung Kenari Kuning (Serinus Canaria) ini habitat asalnya dari kepulauan Canary di Spanyol. Ia memiliki bulu kuning yang indah dengan suara yang merdu. Burung ini sudah dikembangbiakkan sejak abad ke-17 di Eropa dan akhirnya tersebar ke penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Nah, sosok Burung Kenari Kuning ini ada pada tokoh Nico, yang juga sahabat Blu. Burung ini imut-imut sekali, memakai tutup botol sebagai topi sekaligus senjatanya. Gemesss... 

Tuh, kan. Berawal dari menonton film, akhirnya kami jadi belajar bersama tentang jenis-jenis burung yang menjadi pemeran utama pada film "Rio". Asyiknya tuh di situ. Salut buat kreator film ini yang menggambarkan para burung seperti sosok aslinya. Anak-anak jadi suka.

Masih ada film animasi lain lagi yang pemeran utamanya juga para burung yaitu Burung Hantu. Yups, itu pada film "Legends of The Guardians: The Owls of Ga' Hoole". Sayangnya, saya belum sempat berdiskusi dengan Afra tentang itu.

Bagaimana dengan teman-teman? Suka berdiskusi dengan anak tentang film yang ditonton kah?




Salam, 








#ODOPDay20

No comments:

Post a Comment