My Lifestyle, My Journey, My Happiness

Destinasi Wisata Palembang yang Selalu Terbayang

Sumber: notepam.com


Duluuu, selepas saya dan suami pulang kampung ke Malang, terjadilah percakapan sebagai berikut:

"Kita menetap di Malang saja ya, Bi," ucap saya.
"Wallahu a'lam. Ya belum tahu, Mi. Ini kita 'kan sedang berusaha menjemput rezeki dari nol lagi," jawab suami saya.

Ya, ya. Saya paham, sih. Saat itu kami sedang serabutan, bekerja apa saja asalkan halal dan sebisa mungkin kami tetap tinggal di Malang. Ada ibunda yang harus ditemani. Tapiii... 

"Sebenarnya, Ummi tidak takut jika harus merantau lagi, sih," sambung saya.
"Iya. Abi juga," sahut suami saya.
"Seandainya nanti harus merantau lagi, kok Ummi pingin ke Palembang, ya."

Suami saya cuma tersenyum. Sedangkan saya berkata dalam hati: biar bisa makan Pempek tiap hari. Hehe... Dasar! Saat itu saya memang seorang Pempek-mania. Gara-gara ketularan teman-teman saat merantau ke Batam.

Ya, beberapa orang teman saya yang berasal dari Palembang ternyata jago membuat Pempek, baik cewek maupun cowok. Mereka menularkan kebiasaan baru: jika sudah sarapan Pempek, tak perlu sarapan nasi lagi. Baiklah...

Entahlah. Sejak saat itu, lambat laun saya jadi penasaran dengan Palembang, tak hanya sekadar Pempeknya saja. Para wong kito galo itu membuat saya ingin mengunjungi daerah mereka. Sampai-sampai, saat suami saya mencoba mengikuti tes CPNS, daerah penugasan yang dipilihnya adalah Palembang! :D

Qadarullah, itu belum menjadi takdir kami. Suami tidak lolos dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang sekarang. It's okay. Alhamdulillah. Namun, mimpi mengunjungi Palembang itu masih tetap saya pelihara sampai sekarang.

Selain mampir ke rumah teman, mengunjungi Palembang berarti juga mengincar destinasi wisatanya. Saya mencoba mencari tahu beberapa diantaranya, yaitu:

1. Jembatan Ampera


Siapa kiranya yang tidak kenal dengan jembatan ini? Inilah jembatan yang menjadi ciri khas Kota Palembang. Jembatan yang dibangun pada tahun 1962 tersebut menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir. Nah, kedua wilayah ini dipisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan yang sekilas mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Francisco ini dulunya mempunyai motor penggerak. Jika ada kapal besar yang melintas di bawahnya, sisi jembatan ini bisa terangkat naik. Namun sejak tahun 1970, fungsi motor penggerak itu dihentikan agar tidak mengganggu perjalanan di atas jembatan.

2. Wisata Sungai Musi


Sungai Musi adalah Sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 kilometer. Wuih! Jelas, sungai ini punya potensi wisata yang harus dikelola.

Maka, di sepanjang Sungai Musi terdapat beraneka kegiatan wisata. Banyak kafe dan restoran yang siap melayani wisata kuliner para wisatawan. Mau mengarungi Sungai Musi? Banyak perahu yang siap membawa kita membelah aliran sungai yang pernah dijadikan lokasi syuting film "Ada Surga di Rumahmu" ini.

3. Benteng Kuto Besak


Nah, mengunjungi benteng atau museum juga merupakan hal yang saya sukai. Di Palembang ada juga yaitu Benteng Kuto Besak yang merupakan bekas peninggalan Kerajaan Palembang Darussalam. Dahulu, kerajaan ini turut serta mengusir penjajah Belanda dan Benteng Kuto Besak menjadi saksi bisu atas perjuangan mereka.

4. Lima Air Terjun Indah


Sebagai penyuka air terjun, destinasi wisata yang satu ini termasuk dalam list perjalanan saya. Di Palembang ada air terjun sangat terkenal yang bernama Air Terjun Lematang Indah. Seperti namanya, air terjun setinggi 40 meter itu memang indah sekali.

Bergeser ke kawasan Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, ada Air Terjun Bidadari yang tak kalah menarik. Asyiknya, di sekitar Air Terjun Bidadari ada pula 3 air terjun lain yaitu Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing, dan Air Terjun Naga. Benar-benar surga!

Sampai hari ini, semua destinasi wisata di atas terus terbayang-bayang. Ya, karena memang belum punya kesempatan untuk datang langsung ke sana. Membayangkan dan merencanakan dulu, lalu mewujudkan kemudian.

Sebagaimana di daerah lain, saya kira banyak juga sih destinasi wisata lain di Palembang yang sedang hits. Boleh dong saya minta rekomendasi teman-teman juga. Please!

Sambil menunggu itu terwujud, sekarang yang penting adalah menabung dulu. Bukankah begitu?


Salam,






#ODOPDay12

18 comments:

  1. gimana caranya biar gambar logo yang ada disamping bisa bergerak gonta-ganti

    ReplyDelete
  2. Wah, jembatan Ampera dan wisata sungai Musi mimpi aku juga Mba. Duh, kapan ya bisa ke sana?

    ReplyDelete
  3. Jempatan ampera ini emang legend banget deh, wisatanya sepaket sama sungai musi. Kalau ditelusuri, palembang ternyata punya wisata sejarah yang nggak kalah sama yang ada di Jawa. Saya belum pernah sampai palembang sih, tapi pernah ke riau dan berkunjung ke wisata sejarahnya di siak...

    ReplyDelete
  4. Wiwin | pratiwanggini.netOctober 29, 2019 at 8:29 PM

    Saya belum pernah ke Palembang. Tapi temen-temen kuliah dulu banyak yang asal Palembang. Jujur aja saya enggak tahu destinasi wisata disana selain Jembatan Ampera. Dan saya pun penginnnn melewati jembatan itu :)

    ReplyDelete
  5. Belom pernah ke Palembang nih. Tapi pernah dikirimin pempek candy, hehe.. Dan aku mau mimpi juga ke Palembang

    ReplyDelete
  6. Aku juga ingin ke Palembang. Tapi belum kesampaian. Penasaran dengan ikon jembatan amperanya. Dan aku juga penasarN ingin melihat langsung stadion olahraga yang dijadikan lokasi Asean Games kemarin

    ReplyDelete
  7. Jembatan ampera, the Golden Gate a la Indonesia hehehe. Belum pernah ke Palembang tapi saya tahu jembatan ampera sejak kecil, sebab Om saya pertama kali merantau ke Palembang mbak.. Jadi kami dikirimi foto di jembatan Ampera. Takjub banget lihatnya. Ternyat masih banyak wisata lain selain jembatan Ampera ya..

    ReplyDelete
  8. aku belum pernah ke Palembang, cuma bisa titip pempek kalau ada teman yang kesana hehehe

    ReplyDelete
  9. Alm.Bapak Saya orang Palembang, tapi seumur-umur Saya baru sekali pergi kesana Mbak, waktu SD. Soalnya kakek sm nenek udh nggak ada ditambah sanak saudara juga pada merantau, jadi belum kesana lagi samlas sekarang. Mudah2an kalau ada rezeki & kesempatan bisa kesana lagi. Duh jadi kangen, apalagi liat jembatan Ampera di malam hari, subhanallah indah banget

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah ke palembang.. Tapi beberapa teman dan langganan olshop saya dari daerah ini. Senang bisa mengenal destinasi di sana. Semoga ada kesempatan mengunjunginya

    ReplyDelete
  11. Seru ya mbak jadi keluarga peran tau, hihi. Tapi emang Palembang ini banyak daya tariknya ya. Semoga bisa ke sana ya mbak

    ReplyDelete
  12. Ke Palembang enggak lengkap ya kalau enggak makan pempek, tapi sayang karena hanya singgah sementara kalau mudik ke Padang, jadinya jarang makan pempek Palembang

    ReplyDelete
  13. He he he waktu aq kecil mandi di kali Musi. Cuka pempek bisa buat gigi rusak,lho, mbak, kalau terlalu sering makannnya

    ReplyDelete
  14. Aku juga pengin banget ke Palembang. Menikmati wisatanya dan makanannya terutama Pempek asli Palembang.

    ReplyDelete
  15. Palembang masuk wishlistku buat dikunjungi. Kenapa enggak segera, karena suamiku sudah beberapa kali ke sana untuk urusan kerja...Jadinya dia enggak penasaran, cuma aku yang pengin sendirian.kwkw
    Semoga beneran bisa mengunjungi Palembang segera :D

    ReplyDelete
  16. Jadi, karena waktu itu tidak diijinkan merantau, jadilah sampai hari ini destinasi luar jawanya tak banyak..semoga nanti kesampaian ke jembatan Ampera dan mencoba empek-empek asli Palembang

    ReplyDelete
  17. empek2 memang enak. di jatim juga banyak yg jual tapi ternyata lebih enak yg asli dari palembang. dulu mertua pernah bawa...hmmm gurih

    ReplyDelete
  18. Saya juga belum pernah ni berkunjung ke Palembang. Pengen juga rasanya menikmati pempek langsung dari daerah asalnya :)

    ReplyDelete